Bandara Cegkareng Sediakan Mobile Check In di Terminal 1C

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah

Sabtu 02 Jun 2018 02:08 WIB

Aktivitas penumpang dan penjemput di terminal kedatangan 1C Bandara Soekarno-Hatta,Tangerang. Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang Aktivitas penumpang dan penjemput di terminal kedatangan 1C Bandara Soekarno-Hatta,Tangerang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjelang arus mudik, Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) mulai mengalami kepadatan. Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soetta Erwin Revianto mengatakan PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelola bandara menyediakan fasilitas mobile check in di Terminal 1C.

Erwin mengakui hal tersebut dilakukan karena frekuensi penumpang akan meningkat tajam. "Kami berupaya mengurai kepadatan dengan menawarkan kepada penumpang untuk menggunakan fasilitas mobile check in," kata Erwin, Jumat (1/6).

Dia menjelaskan fasilitas tersebut merupakan layanan digital modern yang mirip dengan self check in. Hanya saja perbedaannya, operator fasilitas mobile check in dilakukan oleh customer service mobile.

Erwin memastikan nantinya ada petugas perempuan membawa mesin cetak dan sebuah gadget. "Mereka bertugas di selasar atau crubside Terminal 1C dan juga dapat ditemui di counter check in," ujar Erwin.

Baca: Mudik 2018, Penumpang Pesawat Diprediksi Naik 10 Persen

Petugas tersebut akan menawarkan kepada penumpang untuk melakukan check in dengan mesin yang dibawa. Tujuannya, lanjut Erwin, agar tidak terjadi antrean panjang dan lebih mempercepat proses dari cara konvensional.

Setelah melakukan check in menggunakan fasilitas tersebut, penumpang yang tidak membawa bagasi dapat melanjutkan ke security check point (SCP) lalu menuju ruang boarding. "Bagi penumpang yang membawa bagasi dapat menggunakan self baggage drop atau dapat langsung menuju konter khusus dropping bagasi yang disediakan maskapai," jelas Erwin. 

Terpopuler