Ancol Gelar Santunan Ramadhan ke Anak Yatim Piatu dan Dhuafa

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Andi Nur Aminah

Jumat 01 Jun 2018 13:29 WIB

Buka bersama dan pemberian santunan untuk anak yatim  (ilustrasi) Foto: Republika/Prayogi Buka bersama dan pemberian santunan untuk anak yatim (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan merupakan bulan penuh pahala dan berkah. Selain menjalankan puasa, banyak bentuk ibadah lain yang dilakukan, salah satunya menyantuni anak yatim piatu dan kaum duafa.

Bertepatan dengan momen Ramadhan 1439H, PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Jaya Ancol) berbagi kebahagiaan bersama seribu anak yatim piatu dan kaum duafa. Anak-anak yatim piatu yang diundang berasal dari panti asuhan dan yayasan yatim piatu yang berada di wilayah sekitar perusahaan. Yakni Kelurahan Ancol, Pademangan Barat, Pademangan Timur, Sunter Agung, dan beberapa wilayah lainnya di Jakarta Utara.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, C Paul Tehusijarana mengatakan kegiatan santunan ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan Manajemen Ancol setiap bulan suci Ramadhan. Pihak perusahaan ingin berbagi kebahagiaan pada anak-anak yang kurang beruntung di area sekitar PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

Acara yang mengangkat tema 'Senyum Ramadhan, Berbagi Bersama Ancol di Bulan yang Penuh Berkah' ini pun dijadikan ajang silaturahim antara Manajemen Ancol dengan masyarakat yang berdomisili di sekitar perusahaan. "Kami juga ingin kegiatan ini menjadi ajang komunikasi untuk mempererat silaturahim dengan masyarakat sekitar," kata Paul di Underwater Theater Ocean Dream Samudra Ancol, Jakarta Utara, Kamis (31/5).

Sementara itu, Camat Pademangan Mumu Mujtahid mengatakan kepedulian membantu orang lain seperti ini akan mendatangkan banyak manfaat. "Kepedulian ini akan berbuah pada siapa saja yang membantu orang lain. Setahu saya akan mendapatkan manfaat yang lebih daripada yang dibantu," ujar Mumu.

Mumu berharap pihak Manajemen Ancol mempertahankan tradisi ini. Bahkan jika memungkinkan frekuensinya diperbanyak dan dalam bentuk yang lain lagi. "Mungkin entah beasiswa atau bentuk lain yang lebih produktif, yang bersifat berkelanjutan," katanya.

Selain itu, acara ini juga diisi denganpenampilan spesial Saung Angklung Mang Udjo. Semua yang hadir berkesempatan untuk mencoba memainkan angklung bersama-sama. Sambil menunggu berbuka, Ustadz Ade Purnama memberikan tausiyah. Acara ini ditutup dengan buka puasa bersama seluruh peserta, pihak Manajemen Ancol, dan tamu undangan.

Dalam penyelenggaraan kegiatan ini Jaya Ancol juga mendapat dukungan dari mitra perusahaan seperti PT Indofood CBP Sukses Makmur, PT Campina Ice Cream Industry, PT Sinar Sosro, PT Rekso Nasional Food (McDonalds Indonesia), PT Kalbe Farma, (Hydro Coco). Juga beberapa mitra restoran di area Taman Impian Jaya Ancol yang memberikan produknya untuk seluruh peserta santunan.