Pertamina Siapkan 60 Kios BBM Kemasan

Rep: Melisa Riska Putri/Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolanda

Rabu 30 May 2018 17:54 WIB

Mobile Dispenser PT Pertamina disiapkan di KiosK Pertamax untuk memudahkan penyaluran BBM bagi pemudik Foto: Republika/Melisa Riska Putri Mobile Dispenser PT Pertamina disiapkan di KiosK Pertamax untuk memudahkan penyaluran BBM bagi pemudik

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- PT Pertamina (Persero) menyiapkan 60 titik Kios BBM Kemasan atau Kiosk Pertamax. Kios ini tersebar di Jawa (54 titik) dan di Sumatera (enam titik).

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Adiatma Sardjito mengatakan Kiosk Pertamax merupakan salah satu alternatif bagi para pemudik untuk mendapatkan BBM selain di SPBU. Kiosk Pertamax mulai beroperasi pada H-15 arus mudik Idul Fitri 1439 H.

"Namun, hanya menyediakan BBM jenis Pertamax untuk bahan bakar jenis bensin dan Pertamina Dex untuk bahan bakar diesel," katanya saat melakukan tinjauan ke Kiosk Rest Area 252 Tol Pejagan-Pemalang, Rabu (30/5).

Titik penyebaran Kiosk Pertamax difokuskan di Jawa mengingat konsentrasi pemudik secara nasional berada di pulau tersebut. Adapun jumlahnya dibagi di wilayah Jawa Barat sebanyak 23 titik, 25 titik di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, sedangkan Jawa Timur disiapkan 10 titik.

Untuk Jawa Barat, ia melanjutkan, Kiosk Pertamax tersedia di jalur tol dan nontol, yakni di Bekasi, Karawang, Cikampek, Dawuan, jalur nontol ke arah Tasikmalaya, serta perbatasan Cirebon-Brebes. Sementara di Jawa Tengah, Kiosk Pertamax berada di Brebes, Tegal, Pemalang, Batang, Kendal, Ungaran, Salatiga dan jalur tol fungsional Sragen.

"Di jawa Timur Kiosk Pertamax jumlahnya relatif sedikit dibandingkan Jawa Barat dan Jawa Tengah, karena jumlah pemudik sudah mulai berkurang," ujar dia. Sebanyak 10 KiosK Pertamax dapat ditemui di Jalur Ngawi, Madiun, Wilangan, Kertosono, Mojokerto, jalur Gempol-Pasuruan.

Adiatma menambahkan, BBM di Kiosk dikemas per 10 liter dan dijual sesuai harga di SPBU. "Untuk Pertamax di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur Rp 8.900 per liter, sementara Pertamina Dex di Jawa Barat Rp 10.000 per liter sedangkan di Jawa Tengah dan Jawa Timur Rp 10.100 per liter," katanya.

Terpopuler