ACT Sumbar Bagikan Santapan Buka dan Sahur Lewat Food Van

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andi Nur Aminah

Selasa 29 May 2018 11:11 WIB

  Menu paket makanan gratis dari Humanity Food Truck ACT Foto: Dok ACT Menu paket makanan gratis dari Humanity Food Truck ACT

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatra Barat kembali membagikan sajian halal kepada kaum dhuafa melalui program 'Food Van'. Setelah akhir pekan lalu memulai program Food Van perdana dengan berbagi santapan sahur di jalanan Kota Padang, Selasa (29/5) ini ACT akan membagikan makanan berbuka puasa bagi warga yang membutuhkan di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Aie Dingin, Kota Padang.

Sedikitnya, 100 paket makanan akan dibagikan. Program Food Van ini sudah dimulai pada Sabtu (26/5) lalu, saat tim ACT menggandeng BEM KM Universitas Andalas untuk melakukan sahur on the road. Saat itu Food Van menyisir kawasan Pasar Baru hingga Pasar Raya untuk berbagi kebahagiaan melalui makan sahur dengan kaum dhuafa. Food Van juga menyasar pejuang jalanan, seperti petugas kebersihan, pemulung, dan pedagang kecil.

photo
Humanity Food Truck ACT, truk besar yang disulap menjadi dapur masak umum.

"Alhamdulillah, masyarakat yang kita sasar merasa sangat terbantu dengan adanya program ini. Insya Allah kita akan sasar ke daerah lain demi Memberikan Ranah Minang Ramadhan Terbaik," jelas Aan selaku Tim Program ACT Sumbar, Selasa (29/5).

Selain Food Van, ACT juga menggagas Food Truck yakni sebuah modifikasi truk besar menjadi dapur berjalan guna memberikan layanan makan gratis untuk mereka yang membutuhkan. Adapun sasaran program ini adalah para pekerja informal berpenghasilan rendah, masyarakat miskin, musafir, penunggu pasien rumah sakit, dan juga komunitas rawan pangan. Dengan kemampuan mobilitas tinggi, Humanity Food Truck bukan hanya mampu 'menjemput bola' pada wilayah rawan pangan, namun juga dapat menjadi solusi kecepatan pemenuhan makanan bagi korban bencana.

photo
Chef Joni Kusuma, koki yang sudah bergabung bersama Humanity Food Truck sejak Ramadan 2017 lalu.
photo
Chef Joni Kusuma, koki yang sudah bergabung bersama Humanity Food Truck sejak Ramadan 2017 lalu.

Humanity Food Truck memiliki kapasitas produksi minimal 1.000 porsi paket makanan siap santap sekali masak. Standar khusus diciptakan, proses masak dilakukan penuh di dalam food truck dan dikelola oleh juru masak profesional. Sehingga makanan yang dihasilkan bergizi, higienis, halal, dan sesuai citarasa orang Indonesia. Selama bulan Ramadan, Humanity Food Truck akan hadir di masjid, lingkungan kumuh miskin, rumah sakit, dan berbagai titik lokasi lain yang disesuaikan dengan kebutuhan para penerima manfaat maupun mitra. 

Terpopuler