Ful, Hidangan Pilihan untuk Berbuka Puasa dan Sahur di Madin

Rep: mgrol105/ Red: Andi Nur Aminah

Selasa 29 May 2018 06:28 WIB

Seorang warga Saudi membuat ful (ilustrasi) Seorang warga Saudi membuat ful (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Ful Medames, atau yang biasa disebut dengan ful, merupakan hidangan yang terbuat dari kacang fava yang dimasak. Dilansir dari arabnews.com, ful menjadi hidangan pilihan bagi umat Islam yang berpuasa selama Ramadhan di kota Madinah, Arab Saudi.

Hidangan yang merupakan makanan sehari-hari di seluruh negeri Arab ini adalah salah satu hidangan paling populer yang disajikan di Madinah pada saat berbuka puasa. Popularitas hidangan ini berasal dari nilai gizi yang sangat baik, rasa yang lezat, aroma yang menarik. Fakta menarik lainnya adalah menunjukkan bahwa gul dianggap sebagai makanan yang sangat kaya protein.

Buka puasa di Madinah tidak lengkap tanpa menikmati ful. Para pedagang ful di kota akan sangat sibuk ketika waktu-waktu sebelum matahari terbenam, karena orang-orang ingin menikmati hidangan yang masih hangat. Tidak hanya sehat dan lezat, tetapi juga hidangan ini bagus untuk mereka yang sedang terburu-buru, dengan anggaran terbatas atau yang membutuhkan sesuatu yang mengisi perut.

Ada dua cara mempersiapkan ful di Madinah yang satu terbuat dari kacang fava yang dilumatkan dengan tangan dan yang lainnya disiapkan dengan kacang utuh. Persiapan ful bervariasi di setiap daerah di negeri Arab. Di Lebanon, Ful disediakan dengan rasa lemon, minyak zaitun, dan bawang putih sementara di Mesir, Ful terbuat dari minyak zaitun, peterseli, jinten, dan tahini.

Dilansir dari arabiczeal.com, variasi ful tidak terbatas. Kacang fava dapat dimurnikan, dihaluskan atau dibiarkan dengan biji utuh. Bumbu bervariasi dari jinten ke paprika dan bubuk cabai.

Bagi mereka yang suka pedas, akan menambahkan cabai rawit atau cabai pedas yang dipotong dadu ke dalamnya. Orang Lebanon dan Palestina sering menambahkan kacang polong. Namun hiasan standar ful adalah minyak zaitun, tomat dan peterseli segar. Taburan tambahan di samping dapat meliputi: bawang cincang, mint segar, lobak, tahini, atau telur yang dimasak keras.

 

Terpopuler