Taman Cibinong Lokasi Favorit Ngabuburit Warga Bogor

Red: Yudha Manggala P Putra

Senin 28 May 2018 23:57 WIB

Anak-anak sedang bermain di taman bermain (ilustrasi) Anak-anak sedang bermain di taman bermain (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIBINONG, BOGOR -- Masyarakat Kabupaten Bogor, Jawa Barat memiliki sejumlah tempat favorit menghabiskan waktu sembari menunggu berbuka puasa atau ngabuburit. Salah satunya di Taman Cibinong Situ Plaza.

"Taman tersebut berada di Jalan Tegar Beriman, samping Kantor Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten (Sekda Pemkab) Bogor," kata Sekda Pemkab Bogor, Andang Septandar di Cibinong, Senin (28/5).

Menurut dia pembangunan infrastruktur berupa taman tersebut, diakuinya memang belum maksimal pada beberapa fasilitas pendukungnya. Namun masyarakat daerah setempat sering kali bersama anak-anaknya bermain maupun olahraga pada daerah tersebut sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Taman tersebut mulai ramai mulai pukul 15.30 WIB hingga menjelang ngabuburit. Tetapi banyak juga pegawai maupun karyawan swasta yang memanfaatkannya sembari melepas lelah usai bekerja.

"Taman ini pengerjaannya belum 100 persen selesai, pembangunan tersebut memang peruntukan tempat wisata masyarakat dan terintegrasi dengan sistem tata parkir," katanya.

Jadi dalam pola penataan memang dibuat agar masyarakat tidak perlu bingung mencari lahan parkir. Untuk pembangunan tahap selanjutnya, kata dia,  nantinya akan ada tempat bagi pedagang, agar seusai bermain, pengunjung dapat membeli makanan maupun minuman.

Ia menambahkan dalam hal ini memang belum ada beberapa fasilitas penting antaranya sarana penerangan di kawasan taman belum bisa menyala pada malam hari.

Sehingga, masyarakat yang ngabuburit tidak bisa berbuka puasa di sana. "Ini harus segera ada penerangan, pasalnya kondisi tempat yang gelap juga rawan digunakan untuk kegiatan asusila atau kegiatan negatif lainnya pada malam hari," katanya.

Sementara itu, Masyarakat Kecamatan Cibinong, Ardita Sulastri (35) yang juga karyawan perusahaan swasta mengatakan dengan adanya taman tersebut cukup memberikan hiburan baginya dan warga yang lain.

Ardita berharap Pemkab Bogor juga  memberikan lampu penerangan dan pengamanan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) atau aparatur negara lainnya. Ini dimaksudkan agar masyarakat yang sedang bermain pada lokasi tersebut menjadi lebih aman dan terlindungi.