Alumni UMY Peduli Literasi Berbuka di Rumah Dinas Mendikbud

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agung Sasongko

Ahad 27 May 2018 21:57 WIB

Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KAUMY) Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI) Peduli Literasi menyelenggarakan acara Buka Puasa Bersama dan Bakti Sosial Sabtu, (26/5) di Rumah Dinas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  (Mendikbud RI). Foto: Istimewa Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KAUMY) Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI) Peduli Literasi menyelenggarakan acara Buka Puasa Bersama dan Bakti Sosial Sabtu, (26/5) di Rumah Dinas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KAUMY) Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI) Peduli Literasi menyelenggarakan acara Buka Puasa Bersama dan Bakti Sosial Sabtu, (26/5) di Rumah Dinas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI).

'KAUMY Peduli Literasi' ini berbuka bersama anak – anak yatim piatu, pengasuh dan pengurus dari Panti Asuhan Muhammadiyah Rawamangun, bersama Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM) dan Pengurus Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Rawangun.

Buka Puasa bersama Mekdibud Muhadjir Effendy ini sebagai puncak kegiatan 'KAUMY Peduli Literasi'. Setelah sebelumnya diadakan pengumpulan dana untuk pengadaan komputer dan akses internet bagi anak – anak yatim piatu. Pada kegiatan KAUMY Peduli Literasi ini juga dimeriahkan oleh penulis populer Fahd Pahdepi, Sosiolog Seni dan Budaya Abdullah Sumrahadi, dan Ustad Kasif Heer.

Ketua Panitia Kegiatan 'KAUMY Peduli Literasi', Muhammad Faris, jumlah donasi yang berhasil dikumpulan dalam kegiatan KAUMY Peduli Literasi berjumlah Rp 38.354.442. Dan yang terkumpul ini dikonversikan menjadi 4 (Empat) Unit PC, 2 (Dua) Paket Layanan Akses Internet 1 (Satu) Tahun dan Bantuan Dana Operasional Rp 3.000.000 (Tiga Juta Rupiah). 

"Dana ini didonasikan kepada Panti Asuhan dan Santunan Keluarga Muhammadiyah – ‘Aisyiyah Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur," katanya dalam keterangan persnya kepada wartawan, Ahad (27/5).

Ia menambahkan Keluarga Alumni UMY DKI berterimakasih Keluarga Besar Mendikbud Muhadjir Effendy yang telah bersedia menjadi tuan rumah dalam acara Buka Puasa Bersama sekaligus penyerahan donasi. Bantuan donasi tersebut diserahkan langsung oleh Istri Mendikbud, Ibu Suryan Widati Muhadjir.

Ibu Suryan Widati Muhadjir selaku tuan rumah menyampaikan rasa terima kasih kepada KAUMY DKI Jakarta atas kegiatan KAUMY Peduli Literasi ini. Ia menitipkan pesan agar acara positif seperti ini terus dilaksanakan secara berkelanjutan dengan cakupan yang lebih luas di waktu mendatang. 

Ibu Suryan Widati Muhadjir dalam kapasitasnya sebagai Penasihat  Dharma Wanita Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia juga membukadiri untuk bekerjasama kepada semua pihak dalam kegiatan- kegiatan serupa yang berorientasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Selain apresiasi dari Keluarga Besar  Mendikbud, anak panti asuhan Rawamangun Muhammadiyah juga mendapatkan motivasi dari Penulis Populer, Fahd Pahdepi dan Sosiolog Seni dan Budaya, Abdullah Sumrahadi. Sosiolog Seni dan Budaya, 

Abdullah Sumrahadi bahkan menawarkan dua Paket Beasiswa Kuliah Gratis untuk anak – anak yatim piatu di Panti Asuhan dan Santunan Keluarga Muhammadiyah – ‘Aisyiyah Rawamangun di Universitas Krisnadwipayana.

“Kita akan memastikan kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara berkelanjutan di masa yang akan datang karena animo dan response dari rekan – rekan alumni di KAUMY sangat besar sekali untuk aktif terlibat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan seperti KAUMY Peduli Literasi," tutup Ketua Pengurus Daerah (PD) KAUMY DKI Jakarta, Nukman Iskandar. Kegiatan KAUMY Peduli Literasi ini kemudian ditutup dengan shalat Isya dan Tarawih bersama keluarga besar Mendikbud Muhadjir Effendy.

Terpopuler