Polres Indramayu Tutup 214 Putaran Balik

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agung Sasongko

Ahad 27 May 2018 15:38 WIB

Jalur Pantura Indramayu Foto: Republika/Wihdan Hidayat Jalur Pantura Indramayu

REPUBLIKA.CO.ID,  INDRAMAYU -- Menghadapi arus mudik lebaran Idul Fitri 2018, jajaran Polres Indramayu akan menutup 241 u turn (putaran putar balik kendaraan) di sepanjang jalur pantura Indramayu. Hal itu untuk menghindari risiko kecelakaan yang dialami pemudik maupun warga lokal.

"Jadi nanti hanya ada 27 u turn yang akan dibuka," ujar Kasat Lantas Polres Indramayu, AKP Asep Nugraha, Ahad (27/5).

Asep mengatakan, penutupan u turn tersebut sudah rutin dilaksanakan setiap arus mudik dan balik lebaran. Menurutnya, penutupan ratusan u turn itu memang harus dilakukan untuk menghindariterjadinya risiko kecelakaan, baik yang menimpa pemudik maupun warga lokal.

Apalagi, lanjut Asep, kendaran pemudikyang melintasi jalur pantura Indramayu, terutama sepeda motor, biasanya melajudengan kecepatan tinggi. Jika ratusan u turn itu tetap dibiarkan terbuka danbanyak warga lokal yang memutar arah, maka bisa menimbulkan kecelakaan.

"Penutupan 241 u turn itu akan mulai dilakukan pada H-7 lebaran atau saat dimulainya pengamanan arus mudik," terang Asep.

Pada Sabtu (26/5), jajaranSatlantas Polres Indramayu sudah mulai melakukan persiapan penutupan u turn disepanjang jalur pantura Indramayu. Petugas menentukan titik-titik u turn manasaja yang nanti akan ditutup.

Ketika ditanyakan mengenai adanya warga yang kerap membuka kembali u turn yang sudah ditutup petugas, Asep meminta agar warga tak melakukannya. Pasalnya, penutupan u turn tersebut dilakukan demi keselamatan mereka sendiri.

"Kami akan patroli. Kalau adayang bongkar (u turn yang sudah ditutup), kami akan tutup lagi," tegas Asep.

Sementara itu, jajaran Polres Indramayu sudah menggelar Apel Kesiapan Kendaraan Dinas, Rambu-rambu serta Sarana Pendukung dalam Operasi Ketupat Lodaya,di halaman Mapolres Indramayu, Sabtu (26/5). Pengecekan yang dipimpin KapolresIndramayu, AKBP Arif Fajarudin itu meliputi mobil patroli, motor patroli, sertarambu-rambu lalu lintas.

Selain itu, PolresIndramayu juga sudah menyiapkan 250 rambu-rambu lalu lintas yang akan disebardi berbagai titik di jalur pantua serta jalan tol di wilayah hukum PolresIndramayu. Keberadaan rambu-rambu itu dimaksudkan agar pemudik tidak tersasardan terhindar dari bahaya kecelakaan lalu lintas.

Terpopuler