Ramadhan, Momen Tepat Kuatkan Hubungan Keluarga

Rep: Fuji E Permana/ Red: Andi Nur Aminah

Jumat 25 May 2018 12:28 WIB

Anggota Baznas, Ahmad Satori Ismail Foto: ROL/Wisnu Aji Prasetiyo Anggota Baznas, Ahmad Satori Ismail

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan menjadi momen yang tepat bagi sebuah keluarga untuk bersama-sama mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kaum Muslimin disarankan meniru kebaikan keluarga Rasulullah saat bulan Ramadhan untuk menguatkan hubungan keluarga.

Ketua Umum Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) KH Ahmad Satori Ismail menerangkan, Rasulullah baik dan sayang terhadap keluarganya. Maka, pada bulan Ramadhan, Rasulullah lebih baik lagi dan makin sayang terhadap keluarganya. "Kalau malam hari sebagai tanda bukti kesayangannya, (Rasulullah membangunkan) istri dan anak-anaknya, keluarganya," kata KH Satori kepada Republika.co.id, Jumat (25/5).

Ia menerangkan, Rasulullah bersabda: Khoirukum khoirukum li ahlihi wa ana khoirukum li ahlii. Artinya, sebaik-baik kalian adalah orang yang paling baik bagi keluarganya, dan aku (Rasulullah) orang yang paling baik bagi keluargaku.

Menurut KH Satori, Ramadhan merupakan bulan ibadah. Momen yang tepat untuk menguatkan silaturrahim dan menguatkan hubungan keluarga. Untuk mendapatkan keberkahan puasa, keluarga bisa melaksanakan buka puasa bersama. "Melaksanakan shalat berjamaah juga bersama keluarga," ujarnya.

Baca: Allah Memberikan Banyak Sarana Ampunan Saat Ramadhan

Selain itu, KH Satori mengatakan, keluarga Muslim disarankan melaksanakan sahur bersama keluarga. Maksudnya dari waktu Maghrib sampai Subuh, ada kebersamaan keluarga. Ketika siang hari bekerja, saat berbuka puasa di rumah bersama keluarga.

"Sebab, kalau negeri ini ingin baik maka keluarganya harus baik. Negeri ini akan hancur kalau keluarganya tidak baik. Oleh sebab itu, Ramadhan bisa menjadi momen yang tepat untuk menguatkan hubungan keluarga dan mendekatkan keluarga kepada Allah SWT," ujarnya.

Terpopuler