BI NTB Siapkan Distribusi Penukaran Uang Selama Ramadhan

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Andi Nur Aminah

Rabu 23 May 2018 07:00 WIB

Pegawai bank melayani warga yang menukarkan uang (ilustrasi) Foto: Antara/M Agung Rajasa Pegawai bank melayani warga yang menukarkan uang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyiapakan ketersediaan uang pecahan kecil selama puasa Ramadhan dan Lebaran Idhul Fitri tahun 2018. Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB, Achris Sarwani mengatakan, di NTB diperkirakan kebutuhan saat Ramadhan dan Idul Fitri ini kira-kira Rp 3,4 triliun yang sudah diberikan.

Ia menyampaikan, BI NTB akan berkoordinasi dengan perbankan terkait distribusi penukaran uang saat Ramadhan dan jelang lebaran. "Kalau uangnya akan disiapkan tapi bagaimana kita mendistribusikan, ini kami harus minta tolong kerja sama dengan teman-teman perbankan karena memang mereka yang ada di masyarakat," ucap Achris.

Sejumlah upaya pendistribusian, lanjutnya, dilakukan dengan program kas keliling bersama di sejumlah titik di Kota Mataram. Seperti Lapangan Sangkareang, Rembiga, hingga Taman Malomba. Selain itu BI meminta setiap bank membuka layanan khusus untk penukaran uang.

"Mungkin di setiap bank itu ada loket-loket penukaran uang, kemudian untuk retail modern, SPBU kita lansung datangi, tidak perlu tukar-tukarlah, langsung kita berikan. Kemudian yang di Sumbawa dan Bima juga kita siapkan," kata Achris menambahkan.

 

Terpopuler