Menhub Harapkan Bandara Kertajati Juga Siap untuk Mudik 2018

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah

Selasa 22 May 2018 18:38 WIB

Aktivitas pekerja menyelesaikan berbagai fasilitas di proyek Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), di Kertajati, Kabupaten Majalengka, Rabu (28/3) Foto: Republika/Edi Yusuf Aktivitas pekerja menyelesaikan berbagai fasilitas di proyek Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), di Kertajati, Kabupaten Majalengka, Rabu (28/3)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah akan meresmikan beroperasinya Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat untuk embarkasi haji tahun ini. Hanya saja, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi juga mengharapkan Bandara Kertajati juga sudah bisa dioperasikan untuk musim mudik tahun ini.

Dari kesiapan bandara, menurut Budi secara teknis sudah bisa melayani mudik tahun ini. Namun hal tersebut juga harus didukung dengan kesiapan maskapai. "Kita maunya demikian (digunakan untuk mudik, Red) tapi kan harus bicara dengan airline," kata Budi usai rapat koordinasi di Kementarian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim), Selasa (22/5).

Dia menjelaskan, setiap maskapai memiliki frekuensi penerbangan masing-masing. Sehingga membutuhkan kesiapan maskapai apakah bersedia membuka rute penerbangan dari dan ke Bandara Kertajati pada musim mudik tahun ini.

Untuk itu, Budi memastikan untuk selanjutnya akan dikaji oleh setiap maskapai untuk membuka penerbangan di Bandara Kertajati. "Seperti apa nanti kita upayakan, dari sisi bandara sudah siap mulai 24 Mei 2018," ungkap Budi.

Pemerintah akan melangsungkan historical landing pada Kamis (24/5) untuk penerbangan dari Jakarta ke Bandara Kertajati. Hal itu menandakan peresmian dioperasikannya Bandara Kertajati sekaligus kesiapan untuk menjadi embarkasi haji tahun ini. 

Terpopuler