Yayasan Amal Turki Kirim Bantuan Ramadhan di Afrika Selatan

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Andi Nur Aminah

Selasa 22 May 2018 14:42 WIB

Ilustrasi kekeringan di Afrika Foto: AP /Farah Abdi Warsameh Ilustrasi kekeringan di Afrika

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Sebuah yayasan yang terkait dengan badan keagamaan Turki membagikan paket makanan di tiga wilayah di Afrika Selatan. Seorang sukarelawan pada lembaga Turkiye Diyanet Foundation (TDV), Selman Aktas, mengatakan bahwa mereka telah membantu sekitar 800 keluarga dalam rentang waktu tiga hari.

Ia mengatakan, bantuan tersebut dikirim oleh filantropis Turki pada kesempatan bulan Ramadhan. Menurutnya, penduduk di tiga wilayah di Afrika Selatan itu tidak memiliki rumah yang layak. Rumah-rumah di sana terbuat dari kaleng. Aktas mengatakan, mereka menggunakan toilet dan kamar mandi bersama.

"Mereka tidak memiliki akses ke air bersih atau listrik. Kondisi hidup lebih buruk daripada di kamp-kamp pengungsi. Tidak banyak sekolah di daerah itu juga," kata Aktas, dilansir di Daily Sabah, Selasa (22/5).

Aktas mengatakan, warga senang menerima bantuan dari negara nan jauh dari Afsel tersebut. Menurutnya, mereka tahu banyak tentang Turki dan mereka berdo'a untuk Turki dan negara-negara Muslim lainnya.

Selain itu, relawan TDV juga membagikan balon dan permen di antara anak-anak di sana. Tahun ini, yayasan ini menjangkau orang miskin di lebih dari 300 wilayah di 84 negara. 

 

Terpopuler