Rekomendasi Aplikasi Pilihan di Bulan Ramadhan

Rep: lida puspaningtyas/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Selasa 22 May 2018 04:30 WIB

Persiapan menyambut Ramadhan Foto: republika Persiapan menyambut Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Bulan Ramadhan datang dengan segala manfaatnya. Di bulan suci ini setiap orang punya kesempatan untuk mengubah diri menjadi lebih baik.

Dilansir The Star Online, ada empat aplikasi ponsel yang dapat membantu proses perbaikan diri. Seperti untuk memastikan tidak melewatkan waktu sholat, sahur atau buka puasa, dan membantu untuk membentuk kebiasaan yang baik.

- Muslim Pro

Ini adalah salah satu aplikasi paling populer untuk waktu shalat. Muslim Pro mengklaim memiliki lebih dari 50 juta pengguna. Aplikasi ini menawarkan pemberitahuan visual dan audio untuk waktu sholat, pencari arah Qiblat, teks dan audio Surah dari Al-Quran. Sebuah aplikasi yang cukup lengkap.

Aplikasi ini membutuhkan izin untuk mengakses lokasi pengguna agar dapat menyediakan jadwal sholat yang akurat. Selain itu menyediakan petunjuk arah ke masjid terdekat dan restoran halal.

Alquran di dalam aplikasi tersedia dalam beberapa bahasa, termasuk bahasa Inggris, Melayu dan Mandarin. Meskipun gratis, ada opsi untuk berbayar agar terhindar dari iklan. Aplikasi berbayarnya juga memungkinkan untuk mengunduh Alquran agar bisa didengarkan secara offline, serta mengubah tema aplikasi.

 

- Share The Meal

Salah satu alasan mengapa Muslim berpuasa selama Ramadhan adalah untuk mengingatkan mereka tentang penderitaan orang yang kurang beruntung. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat menyumbang ke badan amal dan memberi makan mereka yang kekurangan.

Aplikasi Berbagi Makanan Perserikatan Bangsa Bangsa ini memudahkan untuk membantu orang lain yang berada di wilayah sulit. Seperti untuk para pengungsi Rohingya dan anak-anak di Yaman, Suriah, Uganda, dan Nigeria Utara-Timur.

Pengguna dapat memilih negara mana yang ingin dituju. Aplikasi ini juga menampilkan seberapa dekat setiap negara dengan target kampanyenya.

Ada juga elemen sosial di mana pengguna dapat login dengan akun Facebook mereka untuk menemukan teman-teman yang juga menggunakan layanan tersebut. Sehingga mereka dapat bersatu untuk mengumpulkan dana.

Untuk mendorong orang-orang untuk menyumbang, ada fitur pencapaian. Jika Anda menyumbangkan tujuh makanan selama bulan Ramadhan, Anda akan mendapatkan pencapaian Golden Date khusus.

Donasi bisa dipilih sesuai kemampuan seperti untuk memberi makan seorang anak selama sehari, seminggu, sebulan, tiga bulan bahkan selama setahun. Aplikasi ini mengklaim telah memiliki lebih dari satu juta pengguna.

Sejauh ini, aplikasi telah mengumpulkan dana untuk lebih dari 23 juta makanan. Share The Meal adalah bagian dari Program Pangan Dunia yang membantu 80 juta orang di 80 negara setiap tahun.

 

- Way of Life

Selain berpuasa, Ramadhan adalah waktu untuk menjauhkan diri dari kebiasaan buruk seperti merokok. Juga memulai kebiasaan yang baik seperti meluangkan waktu untuk membaca.

Kunci untuk membuatnya bertahan melewati Hari Raya adalah konsistensi. The Way Of Life app mendorong pengguna untuk tetap dalam kebiasaan yang sudah dibangun selama ini. Aplikasi ini dapat menjadi pengingat dan juga mencatatkan aktivitas yang telah dilakukan. Pengingat dapat disiapkan untuk hari kerja, akhir pekan, atau hari-hari tertentu dalam seminggu.

Pengguna dapat menambahkan pesan khusus dan memilih apakah pengingat juga harus membunyikan alarm. Tidak seperti beberapa aplikasi pelacakan yang hanya berfokus pada check-in harian, Way Of Life menampilkan kemajuan pengguna dalam bentuk grafik batang atau diagram lingkaran. 

 

- Sleep Time

 

Bangun tepat waktu untuk sahur biasanya sulit dilakukan orang-orang yang bukan tipe bangun pagi. Sehingga penting untuk memahami kebiasaan tidur kita sendiri.

Aplikasi pelacakan tidur seperti Waktu Tidur Azumio mempermudah untuk mengawasi apakah pengguna mendapatkan downtime malam mereka. Selain itu juga mengukur kualitas tidur dengan melacak "gerakan" mereka sepanjang malam.

Untuk melacak tidur mereka, pengguna hanya perlu menempatkan smartphone di tempat tidur dan menyalakan aplikasi. Berdasarkan ini, Sleep Time menciptakan bagan yang mudah dibaca yang akan menunjukkan pola tidur pengguna.

Setelah aplikasi menganalisis pola tidur, pengguna dapat menggunakan alarm cerdas yang diklaim untuk membangunkan ketika pengguna berada dalam tahap tidur ringan. Sehingga saat bangun akan merasa segar dan tidak lelah.

Bagi mereka yang merasa sulit untuk tertidur, aplikasi ini juga memiliki generator suara seperti ombak lembut, badai hutan hujan dan ombak laut untuk membantu mengangguk.

Terpopuler