Berapakah Jatah Kita Hidup di Dunia?

Red: Agung Sasongko

Senin 21 May 2018 14:35 WIB

Muslimah (ilustrasi) Foto: Prayogi/Republika Muslimah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Hj.  Eva Muzlifah, Lc,  MA

Jadi fenomena di Hong Kong, berdakwah di taman-taman kota. Pada Ahad Kemarin, (20/5), tepat pukul 16.00 waktu setempat bertemu dengan Jamaah Majlis Taklim Bustanululum pimpinan Ibu Marini di Tuen Mun Park. Jumlah jamaah yang hadir mencapai 30 orang.

Menurut mereka tidak mudah mengajak Buruh Migran Indonesia (BMI) untuk gabung dan mengaji di majelis taklim. Jadi, hadir 30 orang saja merupakan keberkahan bagi mereka yang mencintai ilmu dan pemburu kebaikkan. Semoga Allah memberikan kekuatan niat dan azzam. Amin.

Salah satu tujuan hidup seorang manusia adalah menggapai ridha Allah. Dijelaskan dalam Alquran surah Adz-Dzariyat ayat 56, diciptakannya manusia dan jin adalah untuk ibadah.

Ibadah mempunyai makna yang sangat luas dan universal yakni setiap sesuatu yang dicintai dan diridhai Allah SWT dari perbuatan dan perkataan baik zhahir maupun bathin adalah ibadah. 

Ibadah tidak hanya terbatas pada ritual ibadah yang ada dalam rukun Islam saja seperti shalat,  puasa,  zakat, dan haji atau hablumminallah tapi ibadah juga mencangkup akhlak atau hablumminannas. Berkata jujur,  kasih sayang,  berbaik sangka dan suka menolong kepada sesama serta baik kepada hewan yang juga merupakan makhluk Allah SWT

photo
Infografis Ramadhan

Jangan sampai waktu dan umur yang dianugrahkan Allah kepada kita habis percuma.  Rasulullah bersabda sesungguhnya manusia akan dibangkitkan sesuai dengan niat mereka masing-masing" (HR.  ibnu Majah). Karena itulah penting sekali untuk memahami makna niat.  Niat karena Allah dalam segala amal adalah sebuah keharusan. Pepatah mengatakan :"Niat adalah ruhnya sebuah Ibadah"

Berapakah jatah kita hidup di dunia? Jika misalkan hanya 60 tahun maka sekarag sudah berusia berapa tahun?  Jika sudah 30 tahun dan ingin dihabiskan dalam bekerja di luar negeri maka cobalah luruskan niat dalam menjalani masa kerja tersebut. Agar kita tidak menjadi orang yang merugi.

Terpopuler