Dini Aminarti Memilih Fokus Beribadah saat Ramadhan

Rep: Novita Intan/ Red: Agung Sasongko

Jumat 18 May 2018 13:50 WIB

Dhini Aminarti dan Dimas Seto Foto: Dok: Istimewa Dhini Aminarti dan Dimas Seto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sejumlah kalangan, berpuasa pada Ramadhan merupakan momen untuk memperbanyak ibadah dan mempertebal iman. Karena itu, mereka selalu memberikan waktu khusus untuk melakukan berbagai macam ibadah dengan tingkat kekhusyukannya yang tinggi.

Untuk melakukan banyak ibadah dan kekhusyukan tadi, tentunya seseorang perlu melakukan pengaturan terhadap waktunya sehari-hari. Biasanya mereka melakukan aktivitas, seperti bekerja dengan porsi waktu sekitar minimal delapan jam, tidur tujuh jam, beberapa jam untuk perjalanan, dan sisanya untuk kebutuhan pribadi.

Pengaturan inilah yang dilakukan artis Dini Aminarti. Dia mengaku, khusus di bulan suci ini, dia tak akan mengambil pekerjaan. Hal ini lantaran dia bersama keluarganya ingin lebih fokus beribadah saat Ramadhan.

photo
Infografis Puasa Ramadhan

Ramadhan kali ini tidak mengambil pekerjaan, karena suami juga sedang tidak syuting," kata dia, saat ditemui di Masjid Istiqlal Jakarta, pekan lalu saat ditanyakan soal rencananya mengisi bulan Ramadhan ini.

Langkah ini diambilnya, tambah dia, soalnya ada pengalaman yang dirasakan beberapa tahun lalu terkait bulan Ramadhan. Pada tahun-tahun itu, Dini dan suaminya, Dimas Seto, serta keluarganya menjalankan berbagai aktivitas yang cukup padat. Akibatnya, saat Ramadhan, mereka menjalani ibadahnya masing-masing.

(Lihat Video: Keistimewaan Ramadhan)

Menurut dia, Ramadhan merupakan waktu yang tepat dan bermanfaat untuk menambah pahala sebanyak-banyaknya. Hal itu juga sudah menjadi komitmen di awal pernikahannya dengan Dimas Seto untuk selalu beribadah bersama."Kita kan udah kerja 11 bulan cari uang. Kenapa yang satu bulan ini kita sia-siain," ujar dia.

Setiap kegiatan Ramadhan, Dini mengaku, selalu meluangkan waktu untuk melakukan iktikaf di masjid dekat kediamannya. Biasanya iktikaf dilakukan pada 10 hari terakhir di bulan puasa dan melakukannya bersama sahabat.

Demikian juga, kata dia, ibadah yang sama dilakukan pada bulan puasa pada tahun ini.

Karena itu, dengan banyaknya waktu luang kali ini, Dini lebih menfokuskan diri memperbanyak itikafnya, seiringan dengan ibadah-ibadah lainnya. "Ya pokoknya kegiatan yang positif apa pun kita lakuin," ungkapnya.