Jam Kerja Berkurang Selama Ramadhan di Negara Muslim Dunia

Rep: mgrol105/ Red: Andi Nur Aminah

Jumat 18 May 2018 08:10 WIB

Bulan Ramadhan (ilustrasi) Foto: EPA Bulan Ramadhan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai negara dengan mayoritas Muslim, selama bulan Ramadhan jam kerja di instansi-instansi pemerintahan dikurangi. Hal ini sebagai bentuk toleransi kepada umat Islam yang menjalankan ibadah puasa selama kurang lebih 13 jam dalam sehari.

Di Indonesia, jam kerja pegawai negeri sipil (PNS) selama Ramadhan pada tahun ini ditetapkan dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 336 Tahun 2018, 8 Mei 2018. Sekretaris Mahkamah Agung menentukan jam kerja selama Ramadhan, yakni Senin hingga Kamis, Pukul 08.00 waktu setempat hingga pukul 15.00 waktu setempat. Selanjutnya, ada jeda istirahat pukul 12.00 hingga 12.30 waktu setempat. Kemudian, pada Jumat pukul 08.00 hingga 15.30 waktu setempat dengan jeda istirahat pukul 11.30 hingga 12.30 waktu setempat.

Lalu, bagaimana dengan negara-negara Muslim lainnya yang berada di berbagai belahan dunia? Apakah terdapat pengurangan jam kerja selama bulan Ramadhan juga?

Uni Emirat Arab sebagai salah satu negara Muslim di dunia juga memberlakukan hal yang sama seperti di Indonesia. Dilansir dari Arabianbusiness.com, jam kerja untuk sektor swasta dikurangi dua jam selama Ramadhan. Sementara itu, jam kerja untuk sektor publik adalah dari pukul 09.00 pagi hingga pukul 14.00 siang.

Berbeda dari Uni Emirat Arab, Iran yang juga merupakan negara Muslim tidak mengurangi jam kerja warganya selama bulan Ramadhan. Dilansir dari Livingintehran.com, selama bulan suci Ramadhan di Iran, jam kerja di kantor cenderung tetap sama seperti waktu-waktu lainnya.

Namun, keputusan untuk menutup kantor atau toko lebih awal bergantung kepada pemilik kantor atau toko itu sendiri. Pegawai negeri akan diberikan kelonggaran terbesar dalam hal jam kerja yang lebih pendek. Meskipun begitu, bisnis swasta sebagian besar akan beroperasi seperti biasa.

Untuk di Mesir, selama Ramadhan jam kerja para pegawai bank berakhir lebih awal. Dilansir dari Egyptindependent.com, jam kerja bank selama Ramadhan akan dimulai pada pukul 9.30 pagi hingga 13.30 siang. Pada jam-jam tersebut, klien bank akan diizinkan untuk melakukan transaksi mereka. Sementara itu, jam kerja para pegawai bank dimulai pukul 9.30 pagi hingga pukul 14.00 siang. MGROL105.

Terpopuler