Pasar Wadai Ramadhan Sajikan Kuliner Khas Banjar

Red: Yudha Manggala P Putra

Kamis 17 May 2018 22:15 WIB

Pasar Kuliner Ramadhan (ilustrasi) Foto: Republika/Aditya Pradana Putra Pasar Kuliner Ramadhan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Banjarmasin punya pasar kuliner khusus bulan Ramadhan yang selalu dikunjungi banyak warga setiap tahunnya. Namanya adalah Pasar Wadai Ramadhan. 

Pasar ini digelar di sepanjang Jalan RE Martadinata atau samping siring sungai Martapura depan Balaikota Banjarmasin. Banyak makanan khas Banjar demikian juga beragam kue khas daerah tersaji di sini sebagai menu buka puasa. Makanan-makanan tersebut tergolong sulit didapatkan pada bulan-bulan lain selain Ramadhan.

"Bahkan kue khas Banjar yang sudah bisa dibilang langka hadir di Pasar Wadai ini, hingga jadi luar biasa, makanya akan banyak wisatawan datang ke sini," papar Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Abdul Haris Makkie, saat pembukaan Pasar Wadai Ramadhan, Kamis (17/5).

Menurut Haris, gelaran pasar wadai Ramadan di Kota Banjarmasin ini harus terus dikembangkan, sehingga akan lebih menarik lagi untuk dikunjungi. "Bahkan kalau bisa nantinya setiap kuliner daerah ada di sini, hingga akan menjadi besar, dan ini akan menarik wisatawan mancanegara," harapnya.

Menurut dia, pemerintah provinsi akan mendukung pengembangan Pasar Wadai Ramadhan Banjarmasin ilebih besar dan menarik lagi, hingga akan menjadi andalan wisata provinsi. meskipun hanya setiap bulan suci Ramadhan.

"Tentunya kalau dikelola dengan baik dan profisional, pasar wadai ini akan benar-benar menasional bahkan internasional, di mana imbasnya bagi kemajuan perekonomian daerah dan masyarakatnya," ujar Haris Makkie.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin Ikhsan Alhak mengungkapkan, ada sebanyak 150 pedagang kuliner yang berjualan di pasar wadai Ramadhan Banjarmasin ini.

"Selain itu, pemerintah kota juga memberikan tempat bagi para pedagang kaki lima untuk makin menyemarakkan pasar wadai yang setiap tahunnya diselenggarakan pemerintah kota bekerjasama dengan paguyuban pasar wadai Ramadhan Banjarmasin ini," tuturnya.

Ikhsan menyebutkan, pemerintah kota akan memeriahkan pasar wadai ini setiap harinya dengan beragam pentas kesenian, baik seni relegi, tradisi dan moderen. "Kita akan buat tampilan pasar wadai Ramadhan tahun ini lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, sehingga akan bisa menarik wisata daerah," ujarnya.