Sambel Tumpang Koyor, Kesukaan Menteri Hanif Saat Ramadhan

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Yudha Manggala P Putra

Kamis 17 May 2018 18:45 WIB

Menteri Ketenagakerjaan RI M. Hanif Dhakiri saat ditemui di Gedung Kemenaker Gatot Subroto Jakarta, Selasa (20/3). Foto: Republika/Gumanti Awaliyah Menteri Ketenagakerjaan RI M. Hanif Dhakiri saat ditemui di Gedung Kemenaker Gatot Subroto Jakarta, Selasa (20/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan menjadi waktu yang dinanti masyarakat muslim. Pada bulan penuh berkah ini ada berbagai makanan khas yang kerap menjadi favorit, baik saat sahur maupun berbuka.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengaku ada beberapa menu khusus yang selalu dia nantikan saat Ramadhan. Salah satunya Sambel Tumpang. Makanan khas dari sejumlah daerah termasuk Salatiga ini adalah masakan berbahan tahu yang dimasak pedas bersama koyor atau urat sapi di bagian dengkul, pipi, serta mulut. Ada juga yang menambahkan tulang muda sapi dan krecek di sini.

"Kalau sahur saya memang suka yang kuah-kuah saja. Nah sambel tumpang ini masakan dari tahu tapi dia pakai bumbu tempe lawas gitu. Ini masakan Salatiga," ujar Hanif, Rabu (16/5).

Khusus menu berbuka puasa, Hanif menuturkan bahwa dia tidak suka langsung memakan makanan berat. Hanif lebih sering mengawalinya dengan kolak atau es kelapa. Es kelapa menjadi favorit karena dibuat dengan kondisi dingin sehingga menyegarkan tenggorokan.

Ketika ditanya rencana mudik lebaran, Hanif belum memastikan dia pulang kampung. Dia sebenarnya ingin mudik, tapi sebagai menteri yang patuh Hanif harus mengikuti kinerja Presiden Joko Widodo. "Belum tahu kita akan lihat nanti. Kalau Presiden di sini (Jakarta), ya kita di sini juga," ujar Hanif.

Terpopuler