Polres Sukabumi Bentuk Polisi Masjid dan Ramadhan

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil

Senin 14 May 2018 08:25 WIB

Kegiatan menyambut bulan Ramadhan. Foto: republika Kegiatan menyambut bulan Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID,  SUKABUMI -- Polres Sukabumi Kota membentuk polisi masjid dan polisi Ramadhan. Keberadaan tim tersebut untuk menciptakan suasana nyaman dan aman selama bulan puasa.

"Untuk menyambut bulan suci Ramadhan, kami membentuk polisi masjid dan Ramadhan," kata apolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro kepada wartawan Senin (14/5).  Tujuannya untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat untuk melaksanakan ibadah atau berkeiattan di bulan Ramadhan.

Untuk polisi masjid ujar Susatyo, polisi menurunkan sebanyak 400-500 personel untuk mengamankan masjid selama pelaksanaan Ramadhan. Tugas yang dilakukan misalnya untuk mengatur lalu lintas dan pengamanan sehingga masyarakat bisa khusyu beribadah.

Sementara polisi Ramadhan lanjut Susatyo,  isinya polwan sekitar 100 orang yang diturunkan untuk memberikan pelayanan di sentra ekonomi, pasar mall, pertokoan, dan lain sebagainya. Sehingga para masyarakat khussunya ibu-ibu bisa mendapatkan kenyamanan.

Susatyo mengatakan, polisi polisi laki-laki diarahkan ke polisi masjid dan polwan ke polisi Ramadhan. Pasalnya untuk yang berbelanja umumnya ibu-ibu sehingga polwan dinilai bisa lebih komunikasi.

Di sisi lain, Polres Sukabumi Kota meningkatkan pengamanan markas dan obyek lainnya. Semuanya berusaha menjaga keselamatan petugas dan masyarakat, imbuh dia.

Salah satu tokoh ulama Kota Sukabumi Fajar Laksana menyambut dibentuknya polisi masjid dan Ramadhan. "Baru pada tahun ini polisi membntuk polisi masjid dan Ramadhan dalam menyambut puasa," ujar Fajar yang merupakan pimpinan Ponpes Dzikir Al Fath Sukabumi.

Terpopuler