Menyambut Kemuliaan Ramadhan

Red: Agung Sasongko

Sabtu 12 May 2018 18:53 WIB

Ramadhan Foto: IST Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,Berbagilah berita gembira ihwal kehadiran bulan suci Ramadhan.Berbagai cara dilakukan umat Muslim di berbagai penjuru dunia untuk menyambut Ramadhan. Tak terkecuali di Indonesia. Masyarakat Muslim ikut serta dalam gegap gempita penyambutan Ramadhan.

Di Depok, Jawa Barat, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar Zikir dan Tabligh Akbar bersama TNI dan Polri di Masjid Balai Kota Depok, Jumat (11/5), untuk menyambut kedatangan Ramadhan 1439 H.

Acara Zikir dan Tabligh Akbar dihadiri Wali Kota Depok Mohammad Idris, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, Kapolres Depok Kombes Didik Sugiarto, dan Dan dim Depok Letkol Iskandarmanto.Ada pun zikir akan dibimbing Ustaz Arifin Ilham.

Wali Kota Depok Mohammad Idris berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan keimanan dan kecintaan kepada Allah. Sekaligus, kata dia, mempersiapkan kedatangan bulan suci Ramadhan dengan hati yang bersih.

"Dengan zikir akbar ini, kita menjadi pribadi yang lebih taat kepada Tuhan. Juga meningkatkan kapasitas ibadah sosial dan ritual kita" ujar Idris.

Ustaz Arifin Ilham dalam tausiyahnya mengatakan, kedamaian buah dari hati yang berzikir. Menurut dia, dengan melafazkan tahmid, tasbih, dan takbir bisa membangun masyarakat yang damai.

"Selain itu, setiap lafaz zikir adalah ampunan dosa, semakin banyak berzikir, makin bersih diri kita dari dosa. Hati yang bersih mudah menerima cahaya hidayah dari Allah," katanya.

Subbagian Umum Sekretariat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok Yayan Krisyanto mengapresiasi upaya Pemkot Depok menggelar acara tersebut. Dia juga berharap kegiatan bernuansa religius tersebut bisa digelar tiap bulan sekali.

Secara terpisah, di Purbalingga, Jawa Tengah, sebanyak 18 ribu santri di Purbalingga akan menggelar pawai taaruf.Pawai akan digelar di empat zona wilayah Kabupaten Purbalingga, Selasa (15/5).

Dengan demikian, semua wilayah di Kabupaten Purbalingga akan terasa semarak menyambut Ramadhan,'' kata Kabag Kesra Setda Purbalinga Eni Sosiatman, Kamis (10/5).

Dia menjelaskan, para santri yang akan mengikuti pawai taaruf berasal dari kalangan santri taman pendidikan Alquran (TPA), santri madrasah diniyah (Madin), santri pondok pesantren, pelajar SMP/Mts/MA, grup hadrah, serta aparat kecamatan dan desa. ''Grup hadrah yang ikut ada 1.080 orang, karena setiap kecamatan mengirimkan tiga grup hadrah,'' jelasnya.

Di zona satu, para santri akan melakukan pawai taaruf dengan mengelilingi wilayah-wilayah di Kota Purbalingga. ''Di wilayah kota, pawai akan dimulai di Kantor PLN Purbalingga dan berakhir di GOR Goentoer Daryono,''katanya. Sedangkan zona lainnya, tersebar di kecamatan-kecamatan lain.

Pemkab akan memberikan sejumlah bantuan dana. Namun, Eni juga menyebutkan, pemkab telah menyiapkan penghargaan berupa piagam dan uang pembinaan bagi peserta terbaik.

Sementara itu, Yayasan Salman al-Farisi kembali menggelar agenda rutin tahunan setiap menjelang Ramadhan. Kegiatan itu dikemas melalui Tarhib Ramadhan 1439 H. Dengan mengangkat tema "Meraih Kebahagiaan Keluarga dengan Alquran", kegiatan berlangsung di Gerha Instiper Yogyakarta pada Kamis (10/5).

Ketua panitia Tahrib Ramadhan Ima Nurhikmah mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin dan temanya selalu berkaitan dengan Alquran. Hal ini dipilih mengingat Ramadhan merupakan bulan Alquran, kata Ima.

Menurut dia, salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan persiapan dalam menyambut Ramadhan.Acara ini dikemas dalam talk showyang menghadirkan Ustazah Wirianingsih dan Ustaz Syatori Abdurrouf.

Terpopuler