Ormas di Tasikmalaya Diminta tak Lakukan Sweeping

Rep: Rizky Suryandika/ Red: Agung Sasongko

Sabtu 12 May 2018 17:26 WIB

Ramadhan Foto: IST Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,TASIKMALAYA -- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tasikmalaya mengingatkan semua elemen masyarakat termasuk organisasi masyarakat (ormas) untuk menjaga ketertiban. Hal itu guna menyikapi datangnya bulan Ramadhan dalam beberapa hari lagi.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Tasikmalaya Deni Diyana menuturkan peran ormas penting dalam menjaga ketertiban sosial. Sehingga ia meminta ormas tidak melakukan aksi penyisiran atau sweeping yang dianggap bisa memicu keresahan.

"Dalam menghadapi bulan suci Ramadan ini, mari kita jaga kesucian bulan Ramadan dengan tanpa ada aksi-aksi yang meresahkan masyarakat, sehingga ketertiban lebih terjaga," katanya pada wartawan Sabtu (12/5).

Ia menilai aksi sweeping berpotensi menimbulkan keresahan. Apalagi aksi semacam itu tidak dibenarkan secara hukum. Ia mengimbau supaya masyarakat bersikap kooperatif dan bijak. Misalnya dengan melaporkan kegiatan maksiat daripada melakukan penindakan sendiri.

 

"Ketika menemukan, misalnya, sebuah perilaku maksiat atau perilaku yang bertentangan dengan tata nilai, diharapkan disampaikan kepada aparat keamanan. Biarkan nanti aparat kepolisian ataupun Satpol PP yang melakukan penegakkan," ujarnya.