Masjid di London Perkuat Keamanan Jelang Ramadhan

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 10 May 2018 12:07 WIB

Pria sedang berada di sebuah masjid di London, Inggris. Foto: EPA Pria sedang berada di sebuah masjid di London, Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Masjid-masjid di London, Inggris, meluncurkan inisiatif baru membantu masjid meningkatkan keamanan menjelang bulan suci Ramadhan. 'Keamanan Masjid' telah bekerja sama dengan Community Security Trust (CST), sebuah lembaga amal Yahudi dengan pengalaman dalam melindungi Sinagog dan komunitas Yahudi. Selain itu, mereka juga bekerja sama dengan Layanan Polisi Metropolitan dan Forum Masjid London Barat.

Dengan menggunakan keahlian dari CST dan Layanan Polisi Metropolitan, akan ada pelatihan khusus untuk memastikan keselamatan jamaah masjid. Pelatihan ini disampaikan kepada para manajer masjid, imam, relawan masyarakat dan para pengurus atau wali amanat masjid di Hayes Muslim Center.

Selama 15 tahun terakhir, Faith Associates telah menjalankan upaya meningkatkan pelatihan dalam perlindungan, kesehatan dan keselamatan, serta mendidik Masjid terkait masalah keselamatan dan keamanan. CEO Faith Associates, Shaukat Warraich, mengatakan serangan Finsbury Park telah menyoroti potensi kerentanan di masjid-masjid dan mengungkap risiko bagi komunitas agama dan institusi mereka. Karena itulah, ia mengatakan program pelatihan Keamanan Masjid harus membantu lembaga tersebut untuk memperbaiki pendekatan mereka terhadap keamanan.

"Kami mengumpulkan mitra dari Polisi Metropolitan dan Komunitas Yahudi, CST, untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam mengamankan institusi keagamaan. Keinginan setiap orang untuk membantu, memberi saran, dan mengajar sangat membantu, dan pelajaran yang kami dapatkan selama sesi kolektif ini akan membantu melindungi semua komunitas kami selama bertahun-tahun mendatang," kata Warraich, dilansir di Asian Image, Kamis (10/5).

Kepala Eksekutif CST David Delew mengatakan, komunitas agama di seluruh negeri tengah menghadapi berbagai ancaman keamanan. Karena itu, ia mengatakan mereka senang bekerja dengan Faith Associates dalam misi mereka untuk meningkatkan keamanan Masjid. Ia mengatakan, CST memiliki tradisi panjang bekerja dengan agama lain untuk meningkatkan keamanan mereka, baik melalui saran atau pelatihan. Ia berkomitmen untuk terus melakukannya kapan pun mereka bisa.

"Ketika komunitas bekerja bersama, kami selalu lebih kuat, dan kami berharap ini adalah langkah positif menuju hubungan yang lebih erat di antara komunitas kami," kata Delew.

Untuk melengkapi program pelatihan dan untuk memastikan semua Masjid memiliki langkah-langkah yang tepat agar aman, Faith Associates juga telah meluncurkan situs web baru www.mosquesecurity.com dan Panduan Manajemen Insiden. Situs ini akan berfungsi sebagai sumber online untuk Masjid yang ingin mengambil bagian dalam pelatihan di masa depan, atau mengakses saran keamanan terbaru dari Faith Associates dan mitra mereka.