Dewan Pemuda di UEA akan Bagikan Sahur Gratis

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agung Sasongko

Rabu 09 May 2018 10:32 WIB

Ramadhan Foto: IST Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Dewan Pemuda pada Otoritas Pengembangan Masyarakat (CDA) di Dubai, Uni Emirat Arab, akan membagikan sekitar 36 ribu makanan sahur bagi para buruh dan orang-orang yang membutuhkan selama bulan suci Ramadhan. Program sahur gratis itu merupakan edisi kedua dari inisiatif yang bertajuk 'Their Suhoor On Us'. Tahun ini, inisiatif tersebut akan membagikan sahur gratis bagi para buruh di Dubai dan Umm Al-Quwain.

Dewan Pemuda menyatakan, keberhasilan besar pada edisi tahun lalu telah membantu dalam menarik 22 sponsor dan mitra dari pemerintah dan sektor swasta untuk mendukung edisi tahun ini. Inisiatif ini akan dimulai pada awal bulan suci Ramadhan dan akan berlangsung hingga 28 Oktober mendatang. Sementara itu, Smart Dubai akan memberikan sponsor berlian untuk inisiatif ini.

Dilansir di Gulf Today, Rabu (9/5), sekitar seribu sukarelawan akan mendistribusikan makanan Sahur setiap harinya di Masjid Al Quoz. Dewan Pemuda dan para relawan juga akan mengunjungi 7 masjid lagi di Diera dan Bur Dubai selama bulan Ramadhan untuk membagikan makanan selama 5-6 hari di masing-masing tempat. Direktur Jenderal CDA, Ahmed Julfar, mengatakan setiap paket makanan akan memiliki berat sekitar 1,1 kg.

"Kami ingin memastikan makanannya lengkap sehingga akan ada hidangan utama, makanan manis, buah, kurma, laban dan air. Ini semua adalah makanan yang membantu berbuka puasa. Kami juga akan membawa tambahan sesuatu yang orang-orang akan suka seperti teh Karak, popcorn," kata Julfar.

Di sela-sela kegiatan ini, Dewan Pemuda juga akan menyediakan pemeriksaan medis gratis bagi para pekerja. Yayasan Amal Bin Saud Al Mualla juga akan membagikan makanan sahur di dua masjid di Um Al Quwain.

Dewan Pemuda CDA menargetkan untuk mendistribusikan sebanyak 32 ribu makanan pada bulan Ramadhan ini. Setidaknya 1.000 relawan akan bekerja bahu membahu untuk melakukan penyaluran makanan tersebut. Tiga orang berkebutuhan khusus akan membantu menyalurkan lebih dari tiga ribu makanan bagi para buruh menggunakan pesawat tak berawak. Inventor (perancang) UEA Khalfan Hablel telah mengembangkan pesawat tak berawak untuk membantu orang berkebutuhan khusus dalam menyalurkan makanan di lokasi-lokasi tersebut.

Ketua Dewan Pemuda CDA, Halema Mohammed, mengatakan mereka bertujuan untuk menyalurkan 10 persen dari 32 ribu makanan itu dengan menggunakan pesawat tak berawak. Konsultan teknik di Dronetek, Khalfan Obaid, mengatakan relawan terpilih akan ditugaskan untuk membantu pilot dan menjalankan pesawat tersebut selama pendistribusian makanan.

"Ide ini datang dari Dewan Pemuda. Mereka ingin membawa pesawat tak berawak untuk membantu menyalurkan makanan dan mereka ingin orang-orang berkebutuhan khusus (penyandang cacat) untuk mengoperasikannya," kata Obaid.

Dewan Pemuda mengumumkan, bahwa lokasi yang akan mereka kunjungi selama Ramadan meliputi masjid kecil Sheikha Latifa di Jafiliya, Masjid Qortoba di Satwa, masjid Abd Al-Rahim Katit di Al-Quoz dan di Muhaisna 4, Masjid Yacoub di Ras Al Khor Industrial Area, Masjid Aqeel Abbas di Worsan 1 dan Masjid Fulad di Rashidiya. Tahun lalu, 700 anggota dewan dan relawan membagikan lebih dari 53 ribu makanan Sahur bagi para buruh di Dubai dan Abu Dhabi setelah shalat Tarawih

Terpopuler