Karbohidrat Kompleks Menu Ampuh Jalani Puasa

Rep: MGROL 103/ Red: Indira Rezkisari

Selasa 08 May 2018 19:01 WIB

Roti sebaiknya dihindari saat puasa. Foto: EPA Roti sebaiknya dihindari saat puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat berpuasa tubuh dalam kondisi menahan lapar dan haus selama 12 jam, bahkan lebih. Kondisi tersebut menyebabkan tubuh menjadi lemas dan tidak fit.

Menurut dr Jovita Amelia, dokter spesialis gizi klinik yang juga melayani konsultasi lewat Halodoc, menyarankan menjaga asupan gizi bagi tubuh selama bulan Ramadhan. “Pada saat sahur harus makan yang bergizi untuk menahan lapar yang panjang. Makanan harus mengandung semua komponen yang dibutuhkan tubuh kita. terutama karbohidrat, protein, lemak yang baik,” katanya, beberapa waktu lalu dalam acara "Puasa Sehat Bersama Halodoc'.

Karbohidrat adalah makanan pokok bagi manusia karena karbohidrat mengandung gula atau glukosa yang berfungsi sebagai sumber energi tubuh untuk beraktivitas. Namun karbohidrat yang baik dikonsumsi bukanlah karbohidrat simpel melainkan karbohidrat kompleks.

“Karbohidrat yang harus dikonsumsi adalah karbohidrat kompleks. Karena akan diserap lebih lama oleh tubuh, jadi kenyang lebih lama,” jelasnya.

Makanan yang termasuk karbohidrat kompleks seperti nasi, gandum, umbi-umbian, pisang, dan brokoli pun masuk kedalamnya. Untuk pemilihan roti sebaiknya menghindari roti putih.

 

“Contoh karbohidrat kompleks itu nasi, nasi merah lebih baik, gandum, ubi, singkong. Jangan roti putih. Sayuran dan buah-buahan itu juga karbohidrat kompleks,” tambahnya.

Selama berpuasa hindari juga makanan manis secara berlebih seperti kolak, donat, minuman kemasan, dan kafein. Hindari pula makanan yang digoreng agar kegiatan berpuasa lancar tanpa keluhan.

Terpopuler