Masjid Najiahu Cina Siapkan 600 Makanan Takjil

Red: Nidia Zuraya

Rabu 09 May 2018 14:26 WIB

Masjid Najiahu, Ningxia, Tiongkok, Minggu (6/5). Foto: Zabur Karuru/Antara Masjid Najiahu, Ningxia, Tiongkok, Minggu (6/5).

REPUBLIKA.CO.ID, NINGXIA -- Masjid Najiahu yang merupakan masjid terkenal di Provinsi Ningxia, Cina, menyiapkan sebanyak 600 makanan takjil untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah/2018 Masehi di wilayah setempat.

Wakil Pengurus Masjid, Na Xuexib, ditemui di Najiahu, awal pekan ini mengatakan, pada bulan Ramadhan masjid tersebut biasanya banyak dikunjungi wisatawan dari Asia, seperti Indonesia dan Malaysia, sehingga pihaknya menyiapkan sampai untuk makan malam atau santap sahur. Bahkan, beberapa masyarakat setempat selalu memberikan makanan kepada jamaah masjid dan tukar-menukar hidangan saat Ramadhan dengan beberapa warga lainnya.

Masjid yang dibangun sekitar tahun 1524 tersebut, kata dia, menjadi pusat kegiatan umat Islam di wilayah setempat yang memiliki warga sekitar 5.000 orang. Dibangun oleh keluarga bermarga Na, pada masa Kaisar Jiajing Dinasti Ming, masjid tersebut memiliki luas sekitar 9.000 meter persegi. Masjid tersebut selalu ramai saat Ramadhan dan hari Jumat.

Masjid yang berada sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Yinchuan, Provinsi Ningxia, arah selatan tersebut juga merupakan salah satu destinasi wisata religi di provinsi tersebut, yang mempunyai tagline "Visit Ningxia for a spiritual holiday".

Selain itu, masjid itu juga selalu dijadikan rujukan wisatawan dan sejahrawan yang ingin mengetahui sejarah Islam di Ningxia dan perkembangan Islam di daratan Cina.

Sementara itu, keberadaan jamaah masjid mayoritas adalah orang tua, sedangkan pemuda setempat bekerja di bagian kontruksi di Beijing, dan pada Ramadhan mayoritas pulang ke rumah setempat.

Terpopuler