Ramadhan, Ladang Mengumpulkan Pahala

Rep: mgrol104/ Red: Agung Sasongko

Selasa 08 May 2018 21:07 WIB

Ramadhan Foto: IST Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan momentum bagi umat Islam meraih keberkahan.Salah satunya, dengan lebih giat berbagi dengan mereka yang membutuhkan.

Rasulullah mengajarkan umatnya untuk selalu bersedekah. Hadits riwayat Imam Bukhari mengatakan bahwa Rasulullah adalah orang yang paling dermawan dan lebih dermawan lagi ketika bulan Ramadhan. Saat bulan Ramdhan, Allah akan melipat gandakan amal kebajikan hingga sepuluh bahkan seratus kali lipat.

Sebuah hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ. قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: إِلاَّ الصَّوْمَ، فَإِنَّهُ لِيْ وَأَنَا أَجْزِي بِهِ، يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي

“Setiap amalan anak Adam akan dilipatgandakan pahalanya, satu kebaikan akan berlipat menjadi 10 kebaikan sampai 700 kali lipat. Allah ta’ala berkata: ‘Kecuali puasa, maka Aku yang akan membalas orang yang menjalankannya karena dia telah meninggalkan keinginan-keinginan hawa nafsunya dan makannya karena Aku’.” (Shahih, HR. Muslim)

Ramadhan adalah bulan menghapus dosa. Merugilah orang yang tidak memanfaatkan bulan suci ini sebagai ladang mengumpulkan pahala. Banyak hal yang dapat dilakukan, seperti bersedekah makanan, uang, pakaian dan lain-lain. Dalam rezekimu terdapat hak orang lain. Jadikan harta yang dimiliki sebagai berkah bagimu dan orang yang membutuhkan.

Terpopuler