Sampah Pemudik Berserakan di Bahu Jalan Tol Cikopo-Palimanan

Rep: karta raharja ucu/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 01 Jul 2017 20:07 WIB

Kendaraan pemudik melintasi ruas jalan tol Cikopo - Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (30/6). Foto: Antara/M Agung Rajasa Kendaraan pemudik melintasi ruas jalan tol Cikopo - Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (30/6).

REPUBLIKA.CO.ID, CIKOPO -- Kemacetan hingga puluhan kilometer di tol Cikopo-Palimanan, menyebabkan sejumlah pemudik memilih memarkirkan kendaraannya di bahu jalan, Sabtu (1/7). Sayangnya, selain beristirahat, para pemudik juga membuang sampah sisa makanan ke pinggir jalan tol.

Sampah plastik makanan ringan, hingga diaper anak terlihat dibuang para pemudik di pinggir jalan. Sampah-sampah itu membuat ruas jalan tol Cikopo-Palimanan kotor.

Saat Republika.co.id terjebak macet di KM 140 misalnya, sejumlah kendaraan pemudik berjejer terparkir di bahu jalan. Ada yang menggelar tikar sembari beristirahat dan makan di dekat mobilnya, tak sedikit pemudik yang tidur di dalam mobil.

Kemacetan yang disebabkan penumpukan kendaraan di sejumlah rest area itu juga menjadi berkah bagi pedagang sekitar jalan tol. Di sepanjang bahu jalan, sejumlah pedagang menjajakan barang daganannya. Mulai dari kopi, air kelapa, rujak, hingga tahu sumedang. Bahkan, pada KM 120 beberapa kendaraan pemudik terlihat berhenti di bahu jalan untuk membeli bensin yang dijual di dalam jeriken.

Terpopuler