Arus Balik Pelabuhan Merak Berjalan Lancar

Red: Ani Nursalikah

Sabtu 01 Jul 2017 20:02 WIB

Polisi berjaga diantara para pemudik di Pelabuhan Merak, Banten. Foto: ANTARA Polisi berjaga diantara para pemudik di Pelabuhan Merak, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Arus balik Lebaran 2017 pada H+6 atau Sabtu (1/7) kondisi Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten berjalan lancar dan tidak terjadi penumpukan kendaraan pribadi maupun penumpang serta pejalan kaki di kawasan itu.

"Semua penumpang arus balik terlayani. Sebanyak 36 Kapal Ro-Ro dioperasikan," kata Bagian Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetama di Merak.

Ribuan kendaraan dan penumpang pejalan kaki dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung yang turun melalui Pelabuhan Merak yang ramai dan lancar. Para pemudik arus balik yang menggunakan kendaraan dan penumpang pejalan kaki bisa langsung menuju berbagai daerah di Pulau Jawa.

Penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung normal dan berjalan lancar. Arus balik penumpang dan kendaraan pribadi di Pelabuhan Merak ramai.

Kebanyakan para penumpang pejalan kaki dan kendaraan pribadi menuju Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi. Kemungkinan puncak arus balik terjadi malam ini hingga H+7 Ahad (2/7) dan kini pemudik masih mengalir dari Pulau Sumatra menuju Pelabuhan Merak.

Sebab, instansi pemerintahan, perusahaan swasta, BUMN, jasa perdagangan, dan profesi lainnya kembali bekerja Senin (3/7). Saat ini, petugas pengatur lalu lintas bekerja keras untuk kelancaran kendaraan pada enam dermaga, sehingga tidak terjadi antrean kendaraan panjang.

Seluruh kendaraan maupun penumpang yang turun di Pelabuhan Merak kembali melanjutkan perjalanannya. "Kami mengimbau pemudik arus balik tidak beristirahat di Merak guna memperlancar arus lalu lintas," katanya.

Sejumlah pengemudi kendaraan pribadi mengatakan selama ini arus balik berjalan lancar mulai dari Pulau Sumatra hingga Pelabuhan Merak. Mereka para pemudik kendaraan setelah tiba di Pelabuhan Merak langsung menuju tujuan dengan lancar.

"Kami mengapresiasi kinerja ASDP cukup baik dibandingkan tahun lalu," kata Adnan (40 tahun) seorang pemudik arus balik saat istirahat di Posko Kesehatan Pelabuhan Merak.

Terpopuler