Puncak Kedatangan Pemudik Kereta di Jabar Diprediksi Ahad Esok

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Hazliansyah .

Sabtu 01 Jul 2017 19:32 WIB

Sejumlah petugas membersihkan gerbong kereta api di Stasiun Bandung, Jumat (9/6). Mendekati arus mudik PT KAI terus melakukan persipan salah satunya terkait pelayan keamanan dan kenyamanan penumpang. Foto: Republika/Edi Yusuf Sejumlah petugas membersihkan gerbong kereta api di Stasiun Bandung, Jumat (9/6). Mendekati arus mudik PT KAI terus melakukan persipan salah satunya terkait pelayan keamanan dan kenyamanan penumpang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Puncak kedatangan pemudik pada arus balik lebaran yang menggunakan kereta api di wilayah KAI Daop 2 Bandung diprediksi akan terjadi Ahad (2/6) esok. Kenaikan jumlah penumpang diperkirakan mencapai puncaknya pada Ahad esok di lima stasiun yakni Stasiun Bandung, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Cicalengka, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Rancaekek.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, Joni Martinus, menyebutkan, penumpang yang tiba diperkirakan akan mencapai 18.500 orang.

"Kami prediksi pada hari minggu besok puncak arus balik. Khusus yang akan tiba di Stasiun Bandung bisa mencapai 18.500-an orang.  Kita prediksi ada kenaikan sekitar 20 persen," kata Joni, Sabtu (1/7).

Joni mengungkapkan, sebagian besar penumpang yang tiba ini berasal dari sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur seperti Surabaya, Kutoarjo, Yogya dan Semarang

Arus balik lebaran mulai terasa di Stasiun Bandung. Ribuan pemudik mulai kembali ke kembang setelah merayakan libur lebaran di kampung halaman. Bahkan Sabtu ini, kedatangan penumpang yang kembali dari kampung halaman mulai terpantau ramai. Menurut dia, sejak pagi hari kereta yang mengangkut penumpang mulai tiba di Stasiun Bandung.

"Penumpang yang tiba di Bandung hari ini ramai sekali. Baik yang tiba di Stasiun Bandung maupun di Kiaracondong," ujar Joni.

Terpopuler