Puncak Arus Balik Stasiun Pasar Senen Terjadi Hari Ini

Red: Ilham Tirta

Sabtu 01 Jul 2017 18:58 WIB

Pemudik tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (28/6). Foto: Antara/Rivan Awal Lingga Pemudik tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (28/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Stasiun Kerata Api Pasar Senen, Dedi Kristanto mengatakan, diperkirakan jumlah penumpang yang akan turun di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, hari ini mencapai 24 ribu orang. Hari ini disebut sebagai puncak arus balik mudik di stasiun tersebut.

"Sebenarnya lebih dari itu (24 ribu penumpang), tapi Stasiun Pasar Senen kan pemberhentian terakhir, dan biasanya penumpang arus balik itu sudah turun di Stasiun Bekasi atau Stasiun Jatinegara," kata dia.

Dedi menambahkan, jumlah tersebut juga hampir sama dengan kondisi arus balik di Stasiun Pasar Senen di tahun-tahun sebelumnya. "Jadi memang tidak bisa dibandingkan seperti saat arus mudik," kata dia.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) melaporkan saat arus mudik Lebaran 2017 lalu, calon penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen mencapai 25 ribu orang per hari. Sementara pada hari biasa, jumlah calon penumpang dari Stasiun Senen mencapai 19 ribu orang per hari.

Menurut Dedi, padatnya jumlah penumpang tersebut karena Stasiun Senen melayani pemberangkatan untuk kereta api kelas ekonomi dan kelas bisnis.

Terpopuler