Balik Gratis Kapal Cepat Situbondo-Madura Sepi

Red: Ilham Tirta

Sabtu 01 Jul 2017 14:41 WIB

Bahari Express. (ilustrasi). Foto: Republika/Prayogi Bahari Express. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Kepala Pelabuhan Feri Jangkar, Kabupaten Situbondo, Juni Dwi Hanggoro mengatakan, program Balik Gratis Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah menggunakan kapal cepat rute Jangkar-Raas sepi peminat. Sampai dengan hari ini, untuk program Balik Gratis Lebaran 2017 dari Pelabuhan Feri Jangkar Situbondo ke Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, masih belum ada yang daftar.

"Rute sebaliknya Raas-Jangkar sudah penuh," katanya di Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (1/7).

Ia mengemukakan, program Balik Gratis menggunakan kapal cepat itu akan mulai dilaksanakan pada 3 hingga 6 Juli 2017 atau "H+7" hingga "H+9" Lebaran. Dan jadwal keberangkatan kapal cepat itu ditambah satu "trip" (tambah satu kali jadwal keberangkatan).

Semula jadwal keberangkatan kapal cepat balik gratis pada 3 hingga 4 Juli 2017. Namun saat ini ditambah satu "trip" dan juga perubahan jadwal keberangkatannya.

"Oleh karena itu bagi masyarakat yang akan balik ataupun mudik dapat memanfaatkan kapal cepat khususnya dari Jangkar ke Raas. Mulai 3 hingga 6 Juli kapal cepat beroperasi dari Jangkar-Raas dan Raas-Jangkar setiap hari," katanya.

Juni menambahkan, kapal cepat Bahari Ekspres 9C yang akan mengangkut pemudik yang akan balik dari Raas ke Jangkar setiap satu keberangkatan rata-rata akan terangkut sekitar 360 orang sesuai kapasitas kapal cepat.

Sebelumnya, kapal cepat Bahari Ekspres 9C telah mengangkut ratusan pemudik dari Pelabuhan Feri Jangkar Situbondo menuju Pulau Raas atau pada 17 Juni 2017. Namun, pada jadwal keberangkatan kedua, kapal itu kandas di Perairan Laut Raas atau sekitar 0,5 mil (700 meter) dari Pelabuhan Raas.

Terpopuler