Di Sela-Sela Tugas Polisi Shalat di Bahu Jalan Tol Palimanan

Rep: Lilis Handayani/ Red: Bilal Ramadhan

Jumat 30 Jun 2017 22:26 WIB

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Adi Vivid Agustiadi Bahtiar dan sejumlah jajarannya melaksanakan shalat Ashar di baju halan tol Palikanci, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (30/6), di tengah kesibukan mereka mengatur arus balik lebaran menuju Jakarta. Foto: Istimewa Kapolres Cirebon Kota, AKBP Adi Vivid Agustiadi Bahtiar dan sejumlah jajarannya melaksanakan shalat Ashar di baju halan tol Palikanci, Cirebon, Jawa Barat, Jumat (30/6), di tengah kesibukan mereka mengatur arus balik lebaran menuju Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Kesibukan menjalankan kewajiban mengatur lalu lintas arus balik lebaran Idul Fitri 2017, tak membuat polisi dari Polres Cirebon Kota melupakan kewajiban shalat. Mereka pun melaksanakan shalat di bahu jalan KM 214 Tol Palikanci, Jumat (30/6).

Hal itu seperti yang dilakukan Kapolres Cirebon Kota, AKBP Adi Vivid AB dan sejumlah jajarannya. Mereka melaksanakan shalat Ashar berjamaah dengan menggelar sajadah di bahu jalan Tol Palikanci.

Agar tak terganggu arus kendaraan yang padat, para polisi itu melaksanakan shalat di jalur jalan yang mengarah ke Jateng. Sedangkan kepadatan kendaraan terjadi di jalur jalan yang mengarah ke Jakarta.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Adi Vivid AB menjelaskan, selesai melaksanakan solat Jumat di Rest Area 207 pukul 14.30 WIB, dia dan jajarannya melaksanakan pemantauan arus kendaraan di bawah Fly Over Desa Buntet. Dari hasil pemantauan itu, arus kendaraan dari arah Jateng menuju Jakarta terlihat padat.

''Bahkan antrian untuk masuk ke Rest Area 208 mencapai sepuluh kilometer,'' kata Adi.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, kapolres dan jajarannya pun berkoordinasi dengan Jasa Marga dan PJR guna melakukan persiapan contra flow. Kesibukan untuk mengurai kemacetan itu akhirnya membuat mereka terpaksa shalat Ashar di bahu jalan tol.

''Kebetulan di mobil masing-masing tersedia peralatan shalat,'' tandas Adi.