Antre Masuk Rest Area, Tol Cipali Terpantau Padat

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Bilal Ramadhan

Jumat 30 Jun 2017 18:25 WIB

Kendaraan pemudik melintas di Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat, Sabtu (2/7). Pada H-4 lebaran kendaraan pemudik yang melaui Tol Cipali ramai lancar sejak sore hari. Hal ini berbeda dengan H-5 yang macet cukup panjang. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Kendaraan pemudik melintas di Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat, Sabtu (2/7). Pada H-4 lebaran kendaraan pemudik yang melaui Tol Cipali ramai lancar sejak sore hari. Hal ini berbeda dengan H-5 yang macet cukup panjang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tol Cipali KM 109 hingga KM 103 terpantau padat melalui pengamatan republika dari CCTV Posko Pantauan Mudik Kementerian Perhubungan. Pada CCT yang terpasang di Kilometer 109 tersebut terlihat kepadatan kendaraan, meski padat kendaraan tersebut masih terlihat berjalan meski pada kecepatan rendah.

Pantauan pada pukul 16.06 WIB ini telihat bahwa kepadatan sepanjang tujuh kilometer. Kapuskom Publik, Kemenhub, J.A Barata memprediksi kepadatan ini disebabkan antrean para pemudik yang hendak masuk ke rest area. Kepadatan ini menyebabkan tol Cipali terlihat padat merayap.

"Ini karena mau masuk ke rest area. Karena pasca itu, sudah lancar lagi," ujar Barata saat ditemui di Posko Mudik Kementerian Perhubungan, Jumat (30/6).

Sekretaris Jendral Kementerian Perhubungan, Sugihardjo mengatakan memang salah satu faktor kemacetan dan kepadatan di Jalan Tol adalah antrean yang terjadi saat para pemudik memadati rest area. Ia menjelaskan, para pemudik diimbau agar tidak terlalu berlama lama di rest area.

"Karena itu kami menghimbau, bagi masyarakat yang sudah di rest area gunakanlah secukupnya, satu jam sudah cukup. Kan istirahat 30 menit sampai 1 jam. Karena masih ada pengguna lain yang masih mau menggunakan juga," ujar Sugihardjo di Kantor Kementerian Perhubungan, Jumat (30/6).

Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus balik pada Lebaran tahun ini akan terjadi pada malam ini hingga Ahad pagi nanti. Hal ini mengingat para pemudik akan mulai melakukan aktivitas lagi pada Senin pekan depan.

Terpopuler