Hingga H+3 Lebaran, 298 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Gita Amanda

Jumat 30 Jun 2017 17:47 WIB

Motor Pengurai Kemacetan di sekitar Pintu Tol Cikarang Utama Bekasi dengan perlengkapan darurat untuk pemudik arus balik, Jum'at (30/9). Foto: Arif Satrio Nugroho Motor Pengurai Kemacetan di sekitar Pintu Tol Cikarang Utama Bekasi dengan perlengkapan darurat untuk pemudik arus balik, Jum'at (30/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak H+1 Selasa (27/6) hingga H+3 Kamis (29/3) pacaIdul Fitri 1438 Hijriah, sebanyak 298 ribu kendaraan tercatat kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut). Jumlah ini mengalami peningkatan 33 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas harian dengan rata-rata normal sebesar 222 ribu kendaraan.

"Jumlah lalu lintas H+3 sebanyak 108 ribu, mengalami kenaikan dibandingkan dengan lalu-lintas kendaraan di hari sebelumnya, atau pada Rabu yang mencapai 101 ribu lebih kendaraan," ujar AVP Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru, Jumat (30/6).

Berdasarkan pantauan arus balik, kata dia, Jasa Marga memprediksi puncak arus balik jatuh pada H+5 Sabtu (1/7). Sebanyak 110 ribu lebih kendaraan diperkirakan akan kembali ke Jakarta melalui Gerbang Tol Cikarang Utama.

Sebagai upaya mengantisipasi kepadatan arus balik Lebaran 2017, sejak H+1 yang lalu Jasa Marga telah menyiapkan penambahan gardu di Cikarang Utama menjadi 31 gardu, mensiagakan petugas di lokasi rawan kepadatan, serta berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk melakukan rekayasa lalulintas melalui pengalihan lalu lintas maupun contraflow.

Terpopuler