Polisi Siapkan Motor Pengurai Kemacetan di Cikarang

Rep: Arif Satrio/ Red: Ilham Tirta

Jumat 30 Jun 2017 15:56 WIB

Motor Pengurai Kemacetan di sekitar Pintu Tol Cikarang Utama Bekasi dengan perlengkapan darurat untuk pemudik arus balik, Jum'at (30/9). Foto: Arif Satrio Nugroho Motor Pengurai Kemacetan di sekitar Pintu Tol Cikarang Utama Bekasi dengan perlengkapan darurat untuk pemudik arus balik, Jum'at (30/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di sekitar Pintu Tol Cikarang Utama Bekasi, polisi telah menyiapkan belasan kendaraan bermotor roda dua sebagai pengurai kemacetan. Kendaraan itu membawa perlengkapan berkendara yang sekiranya dibutuhkan pemudik arus balik menuju Jakarta.

"Anggota kami di sepanjang jalur wilayah Polda Metro Jaya telah kita siapkan. Terus Kapolres Kabupaten Bekasi melakukan terobosan kreatif dengan motor-motor pengurai kemacetan dan pelayanan," kata Kapolda Metro Jaya Irjen  Mochamad Iriawan di Cikarang, Jumat (30/6).

Motor-motor itu, kata Iriawan, menyiapkan alat dan perlengkapan yang dibutuhkan para pemudik dalam keadaan darurat. Untuk mempermudah mobilitas, maka, digunakan kendaraan roda dua. Motor yang digunakan merupakan motor trail dimana anggota Tim Cobra Bekasi juga diperbantukan untuk mengoperasikannya.

"Di sana dia menyiapkan dongkrak, kalau ada gembos ban, kemudian ada lima liter bensin premium apabila ada yang mogok," ujar Iriawan lagi.

Menurut Iriawan, hal itu dilakukan sesuai pengalaman saat arus mudik. Adanya kendaraan dengan mobilitas tinggi itu dapat membantu para pemudik dalam kondisi macet. "Kemarin ada beberapa kejadian yang bisa kita bantu sehingga arus balik bisa lancar," kata Iriawan.

Terpopuler