Polda Metro Antisipasi Kemacetan di Cikarang

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Ratna Puspita

Jumat 30 Jun 2017 11:32 WIB

Kepadatan gerbang Tol Cikarang Utama menjelang Kamis (22/6) pagi. Foto: ROL Kepadatan gerbang Tol Cikarang Utama menjelang Kamis (22/6) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro mengantisipasi kemacetan di Gerbang Tol Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Sebab, mulai ada peningkatan jumlah kendaraan di tol Cikampek yang mengarah Jakarta melalui Cikarang Utama.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochamad Iriawan hasil koordinasi Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat, kepadatan arus lalu lintas mulai terjadi di Kilometer 66. Karena itu, polisi lalu lintas Polda Metro Jaya dan petugas Jasa Marga melakukan upaya agar kendaraan lebih terurai ketika masuk ke Gerbang Tol Cikarang Utama.

"Di Kilometer 66 sudah mulai agak stuck sehingga nanti akan melakukan contraflow di sana, ini sedang akan dilakukan untuk bisa lebih lancar ke arah Jakarta," kata Iriawan di gedung pemantauan Jasa Marga dekat pintu utama Tol Cikarang, Jumat (30/6).

Berdasarkan pantauan, arus di pintu tol Cikarang masih terlihat lancar. Kepolisian terus melakukan upaya agar lalu lintas ke arah Jakarta tetap lancar. "Tentunya nanti kendaraan dari tol Cikampek akan keluar di Cikunir dan Halim," ujar dia.

Iriawan meninjau Gerbang Tol Cikarang Utama Kabupaten Bekasi pukul 09.30 WIB. Tinjauan itu untuk memantau arus balik pemudik yang menuju Jakarta. Iriawan juga meninjau anggota yang bertugas di jalan.

"Demikian nanti kami harapkan, arus balik bisa berjalan dengan baik. Anggota kami di sepanjang jalur wilayah Polda Metro Jaya telah kita disiapkan," kata Iriawan.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani yang turut mendampingi Iriawan mengatakan telah mengupayakan semaksimal mungkin agar lalu lintas menuju Jakarta berjalan lancar. "Kami berusaha semaksimal mungkin tidak ada antrean panjang di Cikarang Utama," kata dia.

Dia juga memprediksi tidak ada perbedaan signifikan jumlah kendaraan yang masuk hari ini dibandingkan kemarin. Pada Kamis (29/6) kemarin, ada 108 ribu kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Cikarang Utama. "Prediksi kami ada 110 ribu kendaraan hari ini dan masih lancar," ujar Desi di Tol Cikarang Utama.

Dalam lawatannya ini, Iriawan sempat menghampiri sejumlah pemudik arus balik. Salah seorang pemudik dari Pacitan Jawa Timur mengatakan, arus lalu lintas yang dia tempuh hingga gerbang Tol Cikarang Utama ini lancar. "Terima kasih pak polisi sampai sekarang relatif lancar," kata dia saat berbincang dengan Iriawan.

Iriawan mengimbau pada pemudik agar beristirahat saat lelah. Sebab, dia menuturkan, di jalan tol kerap terjadi kecelakaan saat pemudik lengah. "Ikuti aturan lalu lintas, bila capek istirahat, karena disini rawan, mungkin dia nyetir dari kemarin kan, jadi utamakan keselamatan," kata Iriawan.

Dalam kunjungan ini, selain didampingi Dirut Jasa Marga, Iriawan juga didampingi Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra dan Kepala BPJT Heri Saputra.

Terpopuler