Arus Balik, Perlu Rekayasa Jalur Lintasan Truk dan Pemudik

Rep: Amri Amrullah/ Red: Agus Yulianto

Jumat 30 Jun 2017 10:42 WIB

Nurhasan Zaidi Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKS Foto: Ist Nurhasan Zaidi Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) serta semua lembaga terkait, diminta tetap siaga penuh mengawal serta memastikan arus balik lebaran. Semua pihak terkait, diharapkan tetap bersinergis agar arus balik berlangsung lancar tanpa kendala yang berarti.

"Prediksi arus balik yang dimulai hari ini hingga tiga hari ke depan, khususnya di jalur mudik Pantura, bertepatan dengann diizinkannya kembali truk melintas di jalur mudik. Ini bisa menjadi kendala serius dan harus segera dicarikan solusi dan alternatifnya," ujar Anggota DPR RI H Nurhasan Zaidi kepada wartawan Kamis (29/6).

Menurutnya, yang perlu di sikapi dari permasalahan tersebut adalah Manajemen Rekayasa kemacetan lalu lintas. Dan pembenahan Infrastruktur yang memadai dan berorientasi pada Zero Accident.

Selain itu pemerintah harus masif memberikan informasi kepada masyarakat luas terutama terkait kemungkinan penambahan volume kendaraan arus balik yang dikarenakan truk mulai beroperasi.  "Ini harus dilakukan segera agar masyarakat dapat mengantisipasi waktu dan bekal perjalanan," kata Nurhasan.

"Alhamdulillah atas karunia Allah, ikhtiar yang optimal dr seluruh pihak dan doa2 seluruh masyarakat kejadian Brexit tahun ini tidak terulang kembali saat arus mudik kemarin. Walaupun kita cukup prihatin dengan beberapa kecelakaan dan terperosoknya mobil kedalam sungai di Tol Fungsional akibat infrastruktur dan konstruksi jalan yang tidak cukup memadai," ungkapnya.

Terkait ditutupnya sementara Tol Fungsional Grinsing-Brebes karena proses perbaikan dan dibuka kembali pada Kamis , Anggota Komisi V DPR ini memberikan apresiasinya kepada pemerintah. Menurutnya, hal ini, merupakan langkah yang cukup sigap dari pemerintah untuk antisipasi terkait keamanan, kenyamanan dan keselamatan untuk arus balik, mengingat Tol Fungsional ini dianggap cukup dapat membantu memecahkan kepadatan arus lalu lintas di Pantura, walau masih belum sempurna dan rawan kecelakaan.

Masyarakat pengguna jalan diminta tetap mematuhi rambu dan arahan yang disiapkan pemerintah. Dan dapat bekerja sama dan tidak memaksakan diri agar pelaksanaan arus balik dapat sukses dan lancar.

"Sekali lagi kita semua berharap dan berdoa agar seluruh masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing dengan selamat. Dan pelaksanaan arus balik ini lancar dan kalaupun ada kendala dapat segera teratasi," ujarnya.

Terpopuler