Pemudik Diimbau Waspadai Potensi Hujan dan Angin Kencang

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Esthi Maharani

Jumat 30 Jun 2017 09:58 WIB

Kepadatan di lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya pada arus balik, Kamis (29/6). Foto: Republika/Rizky Suryarandika Kepadatan di lingkar Gentong, Kabupaten Tasikmalaya pada arus balik, Kamis (29/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jawa Barat memperkirakan potensi hujan yang akan turun di wilayah Jawa Barat pada pagi hingga malam hari, Jumat (30/6). Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Provinsi Jawa Barat, Kurniadi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan disertai angin kencang, termasuk untuk para pemudik yang melewati Jawa Barat sekembali dari kampung halamannya pada H+5 ini.

"Peringatan dini untuk Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Depok, Bogor, Sukabumi, Cianjur dan Bandung antara sore dan menjelang malam hari," kata Kurniadi.

Kurniadi memaparkan prakiraan cuaca pada hari ini berpotensi hujan dari ringan hingga sedang. Pada pagi hari secara umum berawan hingga hujan ringan. Hujan sedang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Bogor, Bekasi dan Karawang Utara.

Sementara antra siang dan sore hari pada umumnya hujan ringan hingga sedang. Potensi hujan ringan di Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu, Cirebon, Kuningan, Majalengka, Sumedang, Ciamis dan Banjar sedankan potensi hujan sedang di wilayah Depok, Bogor, Cianjur, Sukabumi, Bandung, Purwakarta, Bandung, Garut dan Tasikmalaya

"Malam hari pada umumnya berawan, masih berpotensi hujan ringan di wilayah Depok, Bogor, Cianjur, Sukabumi, Bandung, Purwakarta dan Garut," ujarnya.

Kondisi yang sama pun diperkirakan akan terjadi hingga dini hari. Pada umumnya berawan, potensi hujan ringan di wilayah pesisir Bekasi, Karawang utara, Indramayu, Tasikmalaya Selatan, Ciamis, Banjar dan Pangandaran. Selain itu, ia menyebutkan suhu udara wilayah Jawa Barat bagian utara berkisar 22 - 33 derajat Celcius dengan kelembapan udara yakni 55 - 95 persen. Sementara suhu udara wilayah Jawa Barat bagian selatan berkisar 20 - 32 derajat Celcius dengan kelembapan udara yakni 55 - 95 persen. Serta kecepatan angin dari Timur ke Tenggara yaitu 05 - 25 km/jam.

Terpopuler