Jasa Marga Berlakukan Contraflow Arus Balik Tol Japek

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Andi Nur Aminah

Jumat 30 Jun 2017 01:05 WIB

Rekayasa Lalu Lintas menggunakan sistem contra flow di Tol Cikampek, Kamis (7/7). Foto: Republika/Lintar Satria Zulfikar Rekayasa Lalu Lintas menggunakan sistem contra flow di Tol Cikampek, Kamis (7/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam suasana libur Lebaran ini, arus balik sudah mulai memadati sejumlah ruas tol. Untuk mengatasi kepadatan lalu lintas tersebut, PT Jasa Marga bersama kepolisian sepakat memberlakukan rekayasa lalu lintas atau contraflow.

"Terjadi kepadatan arus balik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek). PT Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek memberlakukan contraflow di kilometer 65 hingga kilometer 41," ujar Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso, Jumat (30/6).

Volume arus lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga, Kamis (28/6), terus mengalami peningkatan. PT Jasa Marga memantau kepadatan terjadi dari kilometer 71 sampai dengan kilometer 66 (sepanjang lima kilometer).

Kepadatan itu, menurut Dwimawan, diakibatkan pertemuan lalu lintas dari arah Cileunyi dan Palimanan. Kemudian, untuk mencairkan kepadatan tersebut, akhirnya rekayasa lalu lintas contraflow diberlakukan.

Contraflow yang sejak pukul 15.00 WIB diberlakukan di kilometer 53A sampai kilometer 41A, pada pukul 20.00 WIB diperpanjang lagi dari kilometer 65A sampai dengan kilometer 41A. Pemberlakuan contraflow ini merupakan diskresi kepolisian.

PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek menyiapkan sarana pendukung seperti rambu, rubber cone dan petugas. Pengguna jalan yang akan memanfaatkan contraflow diimbau agar mengambil lajur kanan.

"Petugas PT Jasa Marga di lapangan terus melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian PJR, guna memantau perkembangan lalu lintas sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Serta membuat rekayasa lalu lintas untuk mencairkan kepadatan," kata Dwimawan.

Terpopuler