Pengelola Tol Japek Imbau Manfaatkan Jalur Arteri Karawang

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Andi Nur Aminah

Jumat 30 Jun 2017 00:00 WIB

Rekayasa Lalu Lintas menggunakan sistem contra flow di Tol Cikampek, Kamis (7/7). Foto: Republika/Lintar Satria Zulfikar Rekayasa Lalu Lintas menggunakan sistem contra flow di Tol Cikampek, Kamis (7/7).

REPUBLIKA.CO.ID,  PURWAKARTA -- Pengelola Tol Jakarta-Cikampek, mengimbau pemudik yang datang dari arah Tol Cipali maupun Cipularang, supaya keluar melalui GT Kalihurip. Kemudian, kendaraan mengambil jalur arteri menuju Karawang.

Imbauan ini, terkait dengan kepadatan kendaraan pada Kamis malam ini (29/6). Kepala GT Cikopo PT Jasa Marga, Andri Yusuf, mengatakan, untuk Tol Japek kendaraan mulai mengalami kemacetan di KM 66 sampai KM 62. Kemudian, dari Tol Cipularang kepadatan kendaraan mulai dari KM 72 menyambung ke KM 66 Tol Japek.

"Karena itu, bagi yang mengetahui jalur arteri Karawang sebaiknya keluar melalui GT Kalihurip 2. Lanjut ke arteri lalu masuk lagi melalui GT Karawang Timur maupun Karawang Barat," ujar Andri, kepada Republika.co.id, Kamis (29/6).

Menurutnya, macetnya kendaraan yang melintasi Tol Japek ini, disebabkan banyaknya pemudik yang memilih beristirahat di rest area KM 62. Serta, terjadinya penumpukan kendaraan di KM 66 yang merupakan simpul titik temu arus dari kedua jalur tol. "Kami juga sudah berlakukan contra flow untuk mengurai kemacetan," ujarnya. N Ita Nina Winarsih