Puluhan Ribu Penumpang Padati Bandara Kualanamu

Rep: Issha Harruma/ Red: Israr Itah

Rabu 28 Jun 2017 23:16 WIB

 Calon penumpang berjalan menuju peron kereta api menuju Bandara Internasional Kualanamu. (ilustrasi) Calon penumpang berjalan menuju peron kereta api menuju Bandara Internasional Kualanamu. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Hingga hari keempat Lebaran 2017, Rabu (28/6), peningkatan penumpang di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumut, masih terus terjadi. Hal yang sama juga terjadi pada angkutan kereta api.

Berdasarkan data pengguna pesawat di ‎Posko Terpadu Operasi Ramadniya Toba 2017 Polda Sumut, puluhan ribu penumpang masih memadati bandara pengganti Bandara Polonia Medan ini. "Untuk data penumpang pesawat udara, kedatangan berjumlah 16.814 orang. Sedangkan, keberangkatan sebanyak 15.599 orang," kata ‎Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP Mangantar P Nainggolan, Rabu (28/6).

Mangantar mengatakan, data kedatangan penumpang di bandara Kualanamu pada tahun ini meningkat hingga empat kali lipat. Pada periode yang sama tahun lalu, penumpang yang datang berjumlah 4.073 orang. Sementara untuk keberangkatan, pada periode yang sama tahun 2016, tercatat berjumlah 5.716 penumpang.

Hal yang sama terjadi di Stasiun Besar Kota Medan. Belasan ribu penumpang yang menggunakan jasa kereta api memadati stasiun kereta api terbesar di Sumut ini. "Untuk kedatangan penumpang kereta api ‎di Medan hari ini sebanyak 8.449 orang. Sementara, untuk penumpang yang berangkat berjumlah 8.130 orang," ujar Mangantar.

Mangantar mengimbau pada pemudik untuk selalu waspada dan mengikuti arahan petugas dalam perjalanan. "Kami juga meminta masyarakat yang mudik untuk selalu menjaga barang bawaan jangan sampai kehilangan dan menjadi korban kejahatan selama menjalani mudik," kata dia.

Puncak arus balik Idul Fitri 1438 H diperkirakan akan terjadi pada Sabtu (1/7) dan Ahad (2/7). Ini mengingat aktivitas perkantoran akan kembali ‎normal pada Senin (3/7). 

Terpopuler