Arus Balik Padat, Pintu Tol di Jakarta akan Ditutup

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Ilham Tirta

Rabu 28 Jun 2017 19:27 WIB

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana (kanan). Foto: Republika/ Yasin Habibi Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usai Lebaran, Polda Metro Jaya akan fokus pada arus balik pemudik. Polda menyiapkan opsi untuk penutupan pintu tol pada saat arus balik, apabila kondisi tidak bisa dikendalikan.

"Sekarang Polda Metro dan jajaran sedang mempersiapkan arus balik," ujar Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Suntana saat ditemui di Taman Margasatwa Ragunan, Rabu (28/6), sore.

Ia mengungkapkan, Polda sudah mulai memindahkan posko-posko pengamanan dan personel dengan kesiapannya di sebelah kanan, lajur arus balik. Selain itu, koordinasi juga terus dilakukan dengan Polda Jawa Barat dan Polda Jawa Tengah.

"Koordinasi ini untuk memastikan kapan masyarakat mulai keluar dari Jawa Tengah, dari Gringsing, Brexit, juga Palimanan. Sesudah itu kami lakukan pengamanan seperti biasa," kata Suntana.

Mereka akan melakukan rekayasa contra flow dan pengaturan jalan tol. Berdasarkan kesepakatan Polda dengan Jasa Marga, apabila memang di jalan tol itu penuh, pintu tol akan ditutup sementara.

"Jika tol penuh, mungkin masyarakat yang dari jalan arteri mau masuk ke tol dari jalan di Ibu Kota akan kita tutup, kita akan membebaskan jalan tol kepada arus balik," jelas dia.

Terpopuler