BMKG Ingatkan Pemudik Waspadai Hujan Saat Balik

Rep: Rr Laeny Suliatyawati/ Red: Andi Nur Aminah

Rabu 28 Jun 2017 11:53 WIB

Pegawai BMKG menujukkan sirkulasi cuaca (ilustrasi) Foto: Darwin Fatir/Antara Pegawai BMKG menujukkan sirkulasi cuaca (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA --- Menghadapi arus balik yang artinya banyak pemudik kembali ke kota asalnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan di beberapa wilayah di Indonesia. Kepala Bagian Humas BMKG Indonesia Hary Djatmiko mengatakan, masih diindikasikan potensi hujan di beberapa wilayah. Terutama di wilayah Sumatra, beberapa tempat di Pulau Jawa seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Maluku, Pulau Papua bagian barat, Bali hingga Nusa Tenggara Barat.

"Di wilayah-wilayah itu masih diindikasikan (hujan). Terutama potensi hujannya di Kalimantan dan Sumatra Utara," katanya saat dihubungi Republika.co.id, di Jakarta, Rabu (28/6).

BMKG mengimbau agar pemudik yang akan balik agar waspada terutama jalanan licin hingga longsor hingga banjir. Untuk mengetahui kondisi cuaca saat ini, kata dia, masyarakat bisa mengecek website BMKG yaitu www.bmkg.go.id. Selain itu, informasi di aplikasi milik BMKG yaitu Info BMKG bagi pemudik yang dapat diunduh di telepon selular berbasis android maupun IOS. "Di situ ada informasi cuaca, baik darat, laut termasuk peringatan dini," ujarnya.

Pun demikian dengan kondisi cuaca untuk penerbangan jalur udara yang akan diperbarui setiap 30 menit. Jadi, kata dia, kalau cuaca buruk maka penerbangan akan delay. Masyarakat yang akan bepergian bisa mengakses aplikasi tersebut.

Terpopuler