Ini Imbauan Kemenkes Bagi Pemudik yang akan Balik

Rep: Rr Laeny Suliatyawati/ Red: Andi Nur Aminah

Rabu 28 Jun 2017 10:51 WIB

Menkes Nila F Moeleok Foto: Antara/Wahyu Putro A Menkes Nila F Moeleok

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meminta masyarakat yang akan kembali ke Jakarta atau kota lainnya supaya berhati-hati karena saat ini cuaca kurang bersahabat. "Khususnya para pengguna transportasi laut dan darat," kata Nila F Moeloek kepada para pemudik yang akan kembali seperti keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, di Jakarta, Rabu (28/6).

Nila mengingatkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan jauh untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan utamakan keselamatan. "Jangan memaksakan diri bila lelah," ujarnya.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga mengimbau bagi masyarakat agar perjalanan balik tetap aman dan nyaman. Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Kesehatan Kemenkes Oscar Primadi mengatakan, di antaranya siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum melakukan perjalanan. "Kedua, tidak meminum obat yang menyebabkan kantuk," katanya.

Ketiga, istirahat setiap empat jam perjalanan. Keempat, jangan paksakan mengemudi bila merasa lelah atau mengantuk. Kelima, menggunakan masker dan lindungi diri dari asap, debu, dan polusi. Keenam, jangan mengkonsumsi makanan/minuman  yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal.

Selain itu, ketujuh, cucilah tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum  dan sesudah makan. Delapan, konsumsi  makanan/minuman yang bersih dan sehat. Sembilan, buanglah sampah pada tempatnya dan buang air kecil/besar di toilet yang tersedia.  "Terakhir, bila sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat," ujarnya.

Terpopuler