Pemudik Bersepeda Motor Diimbau Manfaatkan Kapal Laut Gratis

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Israr Itah

Selasa 27 Jun 2017 17:59 WIB

Ratusan calon pemudik antre sebelum memasuki KM Dobonsolo saat mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (19/6) Foto: Republika/Raisan Al Farisi Ratusan calon pemudik antre sebelum memasuki KM Dobonsolo saat mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (19/6)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik bersepeda motor untuk memanfaatkan angkutan gratis kapal laut saat kembali ke Jakarta. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan kapal gratis dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang ke Tanjung Priok, Jakarta sebagai solusi agar pemudik dapat kembali dengan selamat dan aman ke tempat tujuan.

Penggunaan sepeda motor sebagai angkutan mudik lebaran, kata Budi, masih menjadi pilihan pemudik dan terus meningkat setiap tahunnya. Melihat data 2016, kecelakaan lalu lintas mencapai 2979 kasus dan 70 persenmerupakan kendaraan roda dua. Kecelakaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti kelelahan.

Kemenhub menganjurkan pemudik yang akan kembali ke Jakarta memanfaatkan program angkutan gratis dengan kapal laut bagi pengguna sepeda motor.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementrian Perhubungan J.A Barata mengatakan, pemudik sepeda motor khususnya pada saat arus balik harus mempunyai persiapan yang ekstra dibanding saat arus mudik ke kampung halaman. Namun, saat arus balik, semangan pengendara motor sudah berkurang.

"Tentu ini juga ini berpengaruh pada tingkat konsentrasi dan daya tahan tubuh (kelelahan) dapat membuat risiko lebih berbahaya dalam mengemudi di jalan," ujar Barata dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (27/6).

Dengan angkutan gratis kapal laut, kata dia, para pesepeda motor yang akan kembali ke Jakarta dapat lebih selamat, aman dan nyaman menikmati perjalanan sambil beristirahat. Tersedia pula makanan gratis bagi para pemudik, tambah dia. 

Kemenhub masih membuka program mudik gratis untuk arus balik ke Jakarta dengan kapal laut melalui Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang. "Ayo segera daftarkan. Masih ada slot tersedia dengan keberangkatan melalui Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang pada tanggal 29, 30 Juni dan 2, 4, 6 Juli 2017," kata Barata.

Pendaftaran mudik gratis dengan kapal laut dapat melalui online melalui http:mudikgratis.dephub.go.id atau dapat datang langsung ke Pelabuhan Tanjung Emas. Untuk info pendaftaran dapat menghubungi Alvhano di nomor 081298802017.

Terpopuler