Arus Balik Dimulai, Lalu Lintas Gringsing Sempat Padat

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ilham Tirta

Senin 26 Jun 2017 19:08 WIB

Kendaraan pemudik di jalur Gringsing. (ilustrasi) Foto: Republika/Prayogi Kendaraan pemudik di jalur Gringsing. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Lalu lintas di Gringsing, Batang, saat ini dalam kondisi lancar meski pada siang hari sempat terjadi kepadatan. Jalan darurat Brebes-Gringsing saat ini dibuka untuk memecah kemacetan arus mudik.

"Belum dibuka ke arah sebaliknya. Masih digunakan untuk arus mudik. Nanti kalau sudah benar-benar lancar baru dibuka. Sekarang masih ramai," kata Kasatlantas Polres Batang AKP Adiel Aristo kepada Republika.co.id, Senin (26/6) petang.

Mulai pukul 12.00 WIB, arus lalu lintas kendaraan di wilayah Gringsing sempat terjadi kepadatan. Kepadatan kendaraan baru terurai pada sore ini. Adiel menjelaskan, jumlah kendaraannya yang memadati jalan tersebut kurang lebih hampir sama dengan H-1 lebaran lalu.

"Lumayan banyak ini hampir sama seperti H-1. Yang membuatnya sama itu arus balik yang sudah dimulai dan ramai juga. H-1 itu banyak yang mudik, tapi yang balik kosong. Sekarang sama-sama banyak jadi agak tersendat," kata Adiel.

Untuk mengatasi kepadatan, Adiel memberlakukan kontraflow 3-1 di jalur tersebut. Selain itu, ia juga berkoordinasi dengan kepolisian Tegal untuk menarik kendaraan dari arah Barat menuju Timur. "Di Tegal aman. Di sini tadi agak padat, sekarang sudah mulai reda," kata dia.

Perihal jalan darurat, Adiel mengatakan, hingga saat ini masih digunakan untuk arus mudik. Sejak semalam hingga sekitar pukul 12.00 WIB, jalan darurat tersebut dibuka hingga pintu keluar Gandulan. Kepadatan kemudian terjadi di sana dan jalan darurat tersebut akhirnya dibuka hingga Gringsing.

"Dari semalem dibuka sampai Gandulan saja. Tapi habis itu dibuka hingga Gringsing untuk memecah kemacetan di Gandulan. Jalan ini masih akan diperbaiki dulu sebelum nantinya digunakan untuk arus balik," kata dia.

Terpopuler