Kembali Berlebaran di Indonesia, Arcandra: Rasanya Beda

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Bilal Ramadhan

Senin 26 Jun 2017 15:52 WIB

Arcandra Tahar (Republika/Tahta Aidilla) Foto: Republika/ Tahta Aidilla Arcandra Tahar (Republika/Tahta Aidilla)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar kembali menikmati tradisi Lebaran di Indonesia, setelah lebih dari 20 tahun menghabiskan waktu di Amerika Serikat untuk pendidikan dan pekerjaannya. Ditemui di rumah dinas Wakil Presiden Jusuf Kalla, Arcandra menceritakan perbedaan suasana Lebaran antara di Indonesia dan AS.

"Rasanya beda. Alhamdulillah ramai sekali, banyak ketemu teman, banyak ketemu saudara. Kalau di luar (negeri) ketemunya itu saja," ujar Arcandra, Senin (26/6).

Ia mengaku, selain tentunya ragam masakan khas Lebaran yang tersaji di Indonesia, perbedaan paling mencolok adalah 'rasa' dan kekhidmatan yang ia rasakan ketika berlebaran di Tanah Air. "Ini nya (sambil memegang dada) rasanya beda, rasanya beda," katanya singkat.

Di Indonesia, menurutnya, nyaris semua kelompok masyarakat ikut merasakan kehangatan dan indahnya berlebaran. Adanya tradisi mudik membuat kekentalan atmosefer Lebaran makin terasa. "Kalau di luar lebarannya sehari juga ngga, setengah hari juga paling.. Hehehe.. Abis itu kerja lagi," katanya.

Terpopuler