Jalur Darurat Brebes-Grising Dibuka Urai Kepadatan di Brexit

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Bayu Hermawan

Senin 26 Jun 2017 10:24 WIB

Sejumlah kendaraan pemudik melaju menuju Gerbang Tol Brebes Timur (Brexit) di Brebes, Jawa Tengah (ilustrasi) Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay Sejumlah kendaraan pemudik melaju menuju Gerbang Tol Brebes Timur (Brexit) di Brebes, Jawa Tengah (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Kemacetan di Gerbang Tol Brebes Timur (Brexit) sempat terjadi pada Idul Fitri hari pertama kemarin (25/6), sejak sore hingga dini hari tadi. Untuk mengurai kemacetan, petugas membuka jalan darutat Brebes-Gringsing.

Salah seorang petugas kepolisian di lapangan, Iptu Mulyono mengatakan, arus lalu lintas di GT Brexit pada Selasa (26/6) pagi terpantau telah berangsur normal. "Peningkatan jumlah kendaraan itu tak terduga, ternuata banyak yang pergi mudik pada hari H lebaran. Kepadatan mulai terjadi pada sore kemarin," ujarnya kepada Republika.co.id.

Mulyono menjelaskan, antrean kendaraan di GT Brebes Timur saat terjadi kepadatan mencapai 3 km. Untuk itu, kepolisian pun membuat rekayasa lalu lintas dengan memberlakukan contra flow dari pertigaan di pintu keluar Brebes Timur hingga ke Kota Tegal.

"Kemudian kita arahkan untuk masuk ke wilayah pantura. Kepadatan terjadi mulai sore sekitar pukul 17.00 WIB sampai jam 23.00 WIB. Dini hari tadi pukul 01.00 WIB juga terjadi kepadatan," jelasnya.

Kepadatan pada dini hari tadi pun dapat diurai hingga pukul 03.0 WIB. Saat ini, jelas Mulyono, keadaan arus lalu lintas di GT Brebes Timur sudah mulai berangsur normal dan lancar kembali.

"Tadi malam sempat kita fungsikan untuk jalan daruratnya. Kendaraan yang masuk dikeluarkan di pintu keluar Sewaka, Pemalang," kata Mulyono.

Sekitar pukul 20.00 WIB pada Ahad (25/6), kemacetan yang terjadi di Brebes hingga Tegal sempat teratasi. Menurut Kasatlantas Polres Brebes AKP Arfan, kemacetan tersebut disebabkan karena kegiadan masyarakat di hari pertama lebaran ini.

"Sekitar satu kilo kemacetannya. Lalu kita buat rekayasa lalu lintas 3-1 dari mulai Brexit hingga Terminal Tegal Kota," ujar Arfan, Ahad (25/6) malam.

Terpopuler