Saksi Mata: Tabrakan di Newcastle Sangat Menyedihkan

Red: Ilham Tirta

Ahad 25 Jun 2017 22:40 WIB

Mobil penabrak Muslim di London. (ilustrasi). Foto: AP Mobil penabrak Muslim di London. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Sejumlah orang termasuk anak-anak terluka setelah sebuah mobil menabrak pejalan kaki, jamaah shalat Id di Newcastle, Inggris, Ahad pagi (25/6). Insiden terjadi sekitar pukul 09.15 waktu setenpat di Trampoline Park, Westgate Road yang menjadi lokasi shalat Id. 

Sebuah mobil Nissan Juke yang lepas kendali menabrak jamaah yang mulai bergerak pulang usai melaksanakan shalat. Dalam keterangan sementara Polisi Northumbria menyatakan, setidaknya lima orang dinyatakan terluka akibat insiden tersebut, termasuk dua anak-anak.

Sementara itu, kejadian ini dipercaya adalah murni kecelakaan dan bukan merupakan serangan terorisme. Seorang wanita berusia 42 tahun, pengendara mobil ditahan dalam kejadian tersebut untuk penyelidikan lebih lanjut.

Berdasarkan laporan mahasiswa Indonesia di Newcastle, Riza Roidila, seorang saksi mata kejadian tersebut, Khaleed Mahmud mengatakan, tabrakan berlangsung sangat cepat. "Dia (pengendara) mengemudi mobilnya dengan cepat, dia menabrak orang satu kali, dan kemudian menabrak lagi. Ini adalah kejadian yang sangat menyedihkan. Salah satu anak terluka sangat  serius," ujarnya.

Kejadian ini sendiri sempat membuat kepanikan bagi umat Muslim yang masih berada di lokasi Shalat Id. Terlebih kejadian sempat dikaitkan dengan peristiwa serangan van menabrak Muslim yang sedang beribadah di Finsbury London pada 19 Juni, lalu.

Saat ini penyelidikan terkait insiden masih terus dilakukan. Sementara korban tabrakan tengah menjalani perawatan intensif.

Terpopuler