Libur Lebaran, Ribuan Wisatawan Serbu Jatiluhur

Rep: Fuji E Permana/ Red: Gita Amanda

Ahad 25 Jun 2017 14:31 WIB

Waduk Jatiluhur, Desa Galumpit, Kamis (15/5). Foto: Republika/Adhi Wicaksono Waduk Jatiluhur, Desa Galumpit, Kamis (15/5).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Wisatawan yang berkunjung ke Waduk Jatiluhur di hari libur lebaran naik signifikan. Jumlah wisatawan diperkirakan mencapai ribuan di hari libur lebaran. Sementara, di hari-hari biasa jumlah wisatawan hanya sampai ratusan.

"Di hari libur lebaran selalu ada lonjakan jumlah wisatawan ke Jatiluhur," kata Manajer Pariwisata Gramma Tirta Jatiluhur, Bagus Dwi Widya kepada Republika.co.id, Ahad (25/6).

Bagus mengatakan, jumlah wisatawan di hari libur lebaran naik cukup signifikan. Akan tetapi, jumlah wisatawan juga dipengaruhi cuaca. Kalau cuacanya cerah, banyak wisatawan. Kalau cuacanya hujan, wisatawan berkurang.

Menurutnya, lebaran tahun ini liburnya lebih panjang. Kemungkinan akan ada lonjakan jumlah wisatawan. Biasanya, wisatawan mulai berdatangan ke Jatiluhur di hari kedua lebaran. Jumlahnya akan terus meningkat sampai akhir pekan.

"Kalau hari lebaran ini jumlah wisatawan masih biasa, banyak masyarakat masih bersilaturrahim," ujarnya.

Dijelaskan dia, tapi di hari lebaran ini, biasanya jumlah wisatawan sudah mencapai sekitar 1.000 orang. Di hari kedua lebaran sampai akhir pekan baru terjadi lonjakan. Sehari bisa sampai 3.000 wisatawan.

Kalau hari-hari biasa, jumlah wisatawan hanya sekitar 400 orang. Kalau akhir pekan bisa sampai 1.000 orang. Wisatawan datang dari luar Kabupaten Purwakarta. Paling banyak wisatawan dari kabupaten atau kota di sekitar Purwakarta.

Terpopuler